Rabu, Juli 27, 2022
GM Pelindo Regional 2 Cirebon, Tengku Mursalin Rahim menyerahkan bibit mangrove secara simbolis untuk ditanam. Foto : Pelindo Regional 2 Cirebon.

LEMAHWUNGKUK (CIREBON BRIBIN) - Pelindo Regional 2 Cirebon adakan acara Pelestarian Alam dan Ekosistem Lautan melalui Penanaman Mangrove di Area Pesisir, Kecamatan Lemahwungkuk Kota Cirebon.

Acara ini dihadiri langsung oleh GM Pelindo Regional 2 Cirebon Tengku Mursalin Rahim, Forkopimda Kota Cirebon, Forum Lingkungan Hidup dan Budaya Nuswantara serta para undangan terkait.

Penanaman Mangrove dilakukan dalam rangka memperingati hari mangrove sedunia tingkat nasional yang jatuh pada Selasa, 26 Juli 2022. Dikemas dengan tajuk unik yaitu 'Mamo My Darling - Mari Move On Masyarakat Sadar Lingkungan, program penanaman 10.000 bibit mangrove ini merupakan sebuah aksi nyata dari Pelindo dalam memelihara ekosistem laut di sekitar Pelabuhan.

GM Pelindo Regional 2 Cirebon, Tengku Mursalin Rahim mengatakan, Mangrove merupakan habitat penting untuk ekosistem laut dan keanekaragaman hayati di dalamnya. Keberadaan mangrove juga tidak bisa dilepaskan dari mekanisme pertahanan alami dari abrasi atau gelombang tinggi.

"Dengan penanaman mangrove ini, diharapkan dapat menjaga ekosistem laut yang juga berdampak imbas baik pada lingkungan Pelabuhan Cirebon," katanya, Selasa (26/7).

Penanaman Mangrove kali ini bukan kegiatan peduli lingkungan satu-satunya bagi Pelindo Regional 2 Cirebon.

Sebelumnya pada tanggal 12 Juni 2022 juga telah dilakukan aksi penanaman. mangrove di Pantai Kesunean, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon. 

Sebagai salah satu BUMN yang bergerak untuk kepentingan Negara dan masyarakat, Pelindo telah berperan dan berkontribusi aktif dalam berbagai upaya pemulihan lingkungan melalui berbagai program, di antaranya Penanaman pohon, pembangunan Ruang Terbuka Hijau, pembersihan dan pendalaman sungai dan kegiatan lainnya. (CB-003)

0 comments:

Posting Komentar