Senin, Juni 13, 2022
Penyerahan bantuan traktor untuk petani di 10 Desa di Kabupaten Cirebon. Foto : rls

GEBANG (CIREBON BRIBIN) - Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi Partai Demokrat, Herman Khaeron mengungkapkan dirinya berjanji akan pasang badan memperjuangkan agar subsidi pupuk tetap ada.

Menurut Pria yang akrab disapa Kang Hero ini, subsidi pupuk justru harus dinaikkan kuantumnya.

Hal tersebut diungkapkan Kang Hero saat melakukan pemberian bantuan traktor petani di Desa Gebang Kulon Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon, pada Minggu (12/6).

Ia juga mengatakan, pada awal pemerintahan di era SBY kuantum pupuk subsidi hanya berada di kisaran Rp. 4 triliun, namun kemudian ditingkatkan hingga 9,55 juta ton pupuk yang di subsidi dengan cakupan dan berbagai varian dari mulai pupuk Urea, Za, NPK dan TS yang menjadi kebutuhan penting para petani saat tanam padi.

Dengan adanya pupuk bersubsidi, petani sudah dapat merasakan dan menikmati karena merasa terbantu bebannya, kalau sekarang pupuk sulit dicari dan harganya pun mahal, sama halnya pemerintah membunuh motivasi para petani untuk menanam padi dan memproduksi pangan, ini bahaya karena mengancam terhadap kedaulatan dan kemandirian pangan ke depan.

"Di era Pak SBY dulu saya pimpinan Komisi 4, saya mengawal sehingga subsidi pupuk bisa ditingkatkan, kalau subsidi pupuk petani dicabut, saya akan pasang badan," ujar Kang Hero.

Hero mengatakan, dirinya mengakui bahwa pada tahun lalu subsidi pupuk berkurang berada diangka 7,8 juta ton, akibatnya petani menjerit karena pupuk langka dan ada juga harganya mahal, sementara harga jual gabah juga mengalami kemerosotan, petani mengalami keterpurukan.

Hal ini jika dibiarkan ditambah subsidi dicabut, maka petani akan menunda menanam padi.

Maka dirinya berjanji akan memperjuangkan para petani bersama anggota DPR lainnya, mendorong agar subsidi pupuk untuk petani jangan dihapus dan justru harus ditingkatkan.

"Tahun lalu subsidi pupuk berkurang menjadi sekitar 7,8 juta ton, kita dorong untuk dinaikkan, saya sebagai anggota DPR RI akan pasang badan untuk tetap agar subsidi untuk kebutuhan petani ini tetap ada," tegas Hero. 

Lebih lanjut Hero juga mengungkap terkait kunjungannya ke Desa Gebang Kulon untuk berbincang dengan pemerintah desa dan masyarakat.

Menurutnya, anggaran Desa yang terbatas membuat desa menunda program kerja dan segala apa yang di cita-citakannya.

Karenanya Ia akan mencoba membantu seperti yang dilakukan hari ini dengan memberikan bantuan traktor dan kedepan akan dibuatkan Pertashop.

"Anggota DPR RI sebagai wakil rakyat harus berperan dan membangun sinergitas dengan para Kuwu, bukan hanya dengan Kuwu Gebang Kulon, tapi dengan Kuwu di seluruh kabupaten Cirebon dan Indramayu," ujarnya.

Hero menambahkan, selama kunjungannya ke daerah dirinya menyerap aspirasi sambil mencoba memberikan bantuan.

Contohnya pada kunjungan kali ini, ada aspirasi pengrajin kapal, kemudian ada sektor pertanian yang saat ini kesulitan mencari tenaga kerja memanen dan tandur.

"Kedepan coba saya carikan solusi untuk seluruh desa-desa yang ada, bukan disini saja tapi seluruh desa baik di Kabupaten Cirebon maupun Indramayu, " tambah Kang Hero. (CB-003)

0 comments:

Posting Komentar