Selasa, Juni 14, 2022
Karyawan Alfamart melakukan penanaman bibit mangrove.

SURANENGGALA (CIREBON BRIBIN)
- Momen Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati tiap tanggal 5 Juni ini direfleksikan Alfamart dengan berbagai kegiatan. Salah satunya berupa penanaman 500 bibit mangrove di Sungai Muara, Suranenggala, Kabupaten Cirebon, Selasa (14/6).

Kegiatan ini melibatkan karyawan Alfamart, Pemerintah Desa Muara dan Masyarakat Peduli Lingkungan Sungai Suranenggala. Corporate Communication GM Alfamart, Nur Rachman mengatakan, kegiatan sosial perusahaan yang banyak berorientasi pada lingkungan ini sejalan dengan penerapan aspek ESG (Environmental Social and Governance) yang menjadi komitmen berkelanjutan Alfamart.

"Kita semua sudah paham betul bahwa salah satu warisan yang wajib kita berikan kepada penerus adalah alam yang bersih dan sehat, yang harus kita lestarikan dari sekarang. Dan perusahaan pun sudah mengambil inisiatif itu," jelasnya.

Penanaman pohon di wilayah mangrove tersebut untuk progam penghijauan agar bisa mewariskan alam yang terbaik untuk anak cucu kelak.

Nur Rachman menambahkan kegiatan kepedulian perusahaan terhadap lingkungan tidak hanya pada saat momen tertentu saja, melainkan terus berkesinambungan.

Pada tahun 2021 lalu Alfamart telah menanam pohon sebanyak 13.000 di berbagai wilayah di Indonesia sebagai upaya konservasi lahan kritis. Dan sepanjang tahun 2022 ini Alfamart tetap berkomitmen menjalankan program pemulihan ekosistem lingkungan, seperti kampanye stop penggunaan kantong plastik, penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya di banyak kantor cabang Alfamart dan aksi penanaman pohon yang masif.

"Semoga masyarakat juga turut ambil peran dalam rangka menciptakan dan melestarikan lingkungan yang sehat," tuturnya.

Lebih lanjut Ia mengatakan, selain penanaman bibit mangrove Alfamart juga melakukan beragam kegiatan lainnya untuk menyambut hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022.
Alfamart turut melibatkan masyarakat untuk mendukung gerakan peduli lingkungan hidup.
Antara lain pembangunan rumah budidaya bibit dan rumah budidaya maggot, barter sampah layak daur ulang dengan sembako dan edukasi kantong plastik sekali pakai hingga program nasional promo tebus murah tas belanja ecobag. Melalui program promo ini diharapkan semakin banyak masyarakat yang terbiasa pakai tas belanja yang bisa dipakai berulang kali, alih-alih kantong plastik.

"Edukasi kepada masyarakat terus kita lakukan, setiap belanja di Alfamart, kami anjurkan agar konsumen membawa sendiri tas belanja atau tidak lagi menggunakan kantong plastik, yang tujuannya tentu mengurangi sampah plastik," jelasnya.

Sementara itu, Kuwu Desa Muara, Latifa mengatakan kegiatan penanaman mangrove di Sungai Muara ini bukan merupakan yang pertama. Sebelumnya, kegiatan serupa juga pernah digelar bersama Alfamart di lokasi yang sama.

"Ini lanjutan kegiatan tahun lalu. Kemarin sudah menanam, sekarang ditanam kembali untuk menggantikan mangrove yang rusak. Jadi kita bukan hanya menanam saja, tapi juga menjaga, merawatnya," ujar Latifa.

Ia menambahkan, pihaknya sangat mengapresiasi yang dilakukan oleh Alfamart ini sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan hidup. (CB-003)

0 comments:

Posting Komentar