Jumat, Maret 25, 2022
Maret 2022 jadi tahap awal upgrade layanan jaringan 3G ke 4G/LTE secara bertahap dilakukan di seluruh Indonesia. Foto : Telkomsel.

JAKARTA (CIREBON BRIBIN) - Menegaskan komitmen dalam menghadirkan konektivitas digital berteknologi terdepan yang merata dengan kualitas setara, Telkomsel akan melakukan proses peningkatan/pengalihan (upgrade) layanan jaringan 3G ke 4G LTE di 504 kota kabupaten hingga akhir 2022 nanti. 

Proses upgrade jaringan 3G ke 4G LTE tersebut akan dilakukan secara berkala, dengan tahap pertama di mulai pada bulan Maret hingga Mei 2022 di 90 kota kabupaten, yang mencakup 766 kecamatan.

Sedangkan untuk tahap berikutnya akan dilanjutkan upgrade jaringan 3G ke 4G LTE di 132 kota/kabupaten pada bulan Juni hingga Juli 2022, kemudian 178 kota/kabupaten di bulan Agustus hingga Oktober 2022, dan 104 kota kabupaten pada bulan November sampai dengan Desember 2022.

“Melalui pemerataan jaringan broadband terdepan ini, akan ada semakin banyak kesempatan yang terbuka bagi masyarakat Indonesia untuk menikmati dan memaksimalkan pengalaman akses broadband 4G LTE yang lebih merata, cepat, stabil, dan dapat diandalkan, baik dalam memaksimalkan aktivitas digital sehari-hari maupun mengakselerasi transformasi digital di dalam mendukung aktivitas bisnis hingga tingkat masyarakat di pelosok negeri,” kata Direktur Network Telkomsel Nugroho, Jumat (25/3).

Untuk memastikan proses upgrade layanan 3G ke 4G LTE secara bertahap dan terukur di seluruh wilayah di Indonesia dapat berjalan baik dan tidak mengurangi kenyamanan pelanggan, Telkomsel telah mempersiapkan seluruh action plan mulai dari persiapan teknis, sosialisasi kepada pelanggan, hingga tahapan mitigasi secara optimal, yang dilakukan hingga tingkat kecamatan di kota/kabupaten yang akan menjalani proses upgrade.

Telkomsel juga akan terus melakukan pengkajian yang terukur dari setiap proses upgrade layanan 3G ke 4G LTE di total 504 kota/kabupaten untuk setiap periodenya. Pemutakhiran data, jadwal dan action plan juga akan terus dilakukan dengan menyesuaikan perkembangan proses pelaksanaan baik secara teknis maupun kesiapan ekosistem penggunaan di tingkat pelanggan.

Nugroho menambahkan, komitmen Telkomsel dalam mengoptimalkan kapabilitas jaringan broadband terdepan guna menghadirkan pengalaman gaya hidup digital yang optimal bagi pelanggan mendapatkan empat Penghargaan dari Ookla® Speedtest Awards™ 2021. Telkomsel meraih empat penghargaan untuk perfomansi selama kuartal Q3-Q4 2020 pada kategori Fastest Mobile Network (akses mobile broadband tercepat), Best Mobile Coverage (jangkauan jaringan broadband terluas), Top-Rated (operator yang paling dipilih pengguna), dan Best Mobile Network (kecepatan mobile broadband terbaik dengan jangkauan terluas).

Guna memastikan kelancaran proses upgrade layanan 3G ke 4G LTE ini, Telkomsel sendiri telah memulai proses persiapan sejak 2021 lalu, dengan sukses melakukan penataan ulang (refarming) pita frekuensi 2.3 GHz untuk memaksimalkan penguatan kapasitas dan kualitas jaringan 4G LTE yang ada. Selain itu, Telkomsel bersama BAKTI Kominfo juga sukses melakukan pengalihan seluruh ribuan BTS Universal Service Obligation (USO) di wilayah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal) di sepanjang 2021 agar terhubung ke jaringan 4G LTE Telkomsel.

“Telkomsel juga telah mendapatkan kepercayaan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI untuk melanjutkan membangun 7.772 BTS USO 4G di wilayah 3T hingga akhir 2022, untuk mewujudkan pemerataan dan kesetaraan akses broadband terdepan yang akan membuka lebih banyak peluang penguatan ekosistem digital yang inklusif hingga pelosok negeri,” tambahnya. (CB-003)

0 comments:

Posting Komentar