Rabu, 26 Januari 2022

Rabu, Januari 26, 2022
Berfoto di Kampung Pelangi RW 01 Kegiren, Kelurahan Kejaksaan, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon.

KEJAKSAN (CIREBON BRIBIN) - Warga RW 01 Kegiren, Kelurahan Kejaksan, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon punya cara tersendiri untuk memperindah dan mempercantik lingkungannya dengan menciptakan Kampung Pelangi. Kampung Pelangi ini juga bisa menjadi daya tarik tersendiri sehingga mengundang warga dari luar untuk berkunjung.

Lurah Kejaksan, Catur Wulan Anggraeni mengatakan, Kampung Pelangi merupakan program dari RW 01 Kegiren untuk mempercantik lingkungannya.

"Kampung pelangi juga bisa menjadi daya tarik warga diluar RW 01 Kegiren untuk bisa menikmati bagaimana indahnya Kampung yang ada di RW 01 Kegiren dan bisa ditiru," katanya kepada cirebonbribin.com, Rabu (26/1).

RW 01 Kegiren juga menjadi kampung kawasan tanpa rokok yang ditujukan oleh Pemerintah Daerah Kota Cirebon.

Selain itu, Kampung Pelangi juga sebagai motivasi agar warga di RW 01 Kegiren dan warga di Kelurahan Kejaksan untuk selalu menjaga keindahan dan kebersihan di lingkungannya.

Catur menambahkan, RW 01 Kegiren bukan hanya memiliki Kampung Pelangi yang indah. Namun, RW 01 Kegiren juga merupakan kampung kawasan tanpa rokok yang telah di tunjuk oleh Pemerintah Daerah Kota Cirebon.

"RW 01 Kegiren ditunjuk dari Pemkot Cirebon melalui Dinas Kesehatan sebagai kawasan tanpa rokok," tambahnya.

Sehari-hari, warga di RW 01 Kegiren dilarang merokok didalam rumah dan diajak untuk selalu mencerminkan perilaku hidup yang taat pada kesehatan.

Bagi masyarakat yang ingin merokok, sudah disediakan tempat khusus yang berada di samping Baperkam RW 01 Kegiren.

"Bu RW sudah menyiapkan smoking area, tempatnya nyaman dan disediakan fasilitas WiFi gratis," jelasnya.

RW 01 Kegiren juga dikatakan Catur memiliki potensi UMKM yang akan dikembangkan.

"Salah satunya produksi kerupuk tulang ayam, ini akan kita kembangkan," katanya.

Ditempat yang sama, Ketua RW 01 Kegiren, Virna Yulistiana Nurrizar mengatakan, ide awal menciptakan Kampung Pelangi di wilayahnya datang dari mahasiswa yang melakukan kuliah kerja nyata (KKN). Ide ini lantas disambut oleh warga RW 01 Kegiren.

"Semoga Kampung Pelangi ini bisa membesarkan nama Kampung Kegiren di mata masyarakat luar Cirebon. Saya juga mengimbau warga untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan," pungkasnya. (CB-003)