Senin, 10 Januari 2022

Senin, Januari 10, 2022
Foto : Tangkapan layar

CIREBON (CIREBON BRIBIN) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinvest), Luhut Binsar Panjaitan dalam keterangan pers melalui channel YouTube Sekretariat Presiden hari ini mengatakan terjadi tren kenaikan kasus konfirmasi Covid-19 di Indonesia. Tren kenaikan kasus ini, disebabkan oleh pelaku perjalanan luar negeri.

Menurut Luhut, Presiden Joko Widodo mengimbau agar masyarakat untuk sementara waktu dapat menahan diri dengan tidak melakukan perjalanan ke luar negeri.

"Presiden secara spesifik menekankan ini tadi, untuk kita dianjurkan menahan diri dulu beberapa minggu kedepan untuk tidak ke luar negeri," katanya.

Selain tren peningkatan kasus, perawatan pasien Covid-19 pada rumah di wilayah sakit Jawa dan Bali, lanjut Luhut. lagi-lagi disebabkan oleh pelaku kerja luar negeri.

"Tanggal 9 Januari lalu misalnya, di Jakarta dari 393 kasus yang terjadi hampir 300 kasus yang terakhir sebabkan oleh para pelaku perjalanan dari luar negeri," kata Luhut menjelaskan.

"Sekali lagi kami mohon teman-teman sekalian untuk menahan diri dulu untuk pergi ke dalam perjalanan ke luar negeri kecuali sangat sangat penting," tambahnya.

Meskipun terjadi tren kenaikan kasus, namun yang patut disyukuri adalah angka kematian masih tetap terjaga dengan sangat baik.

"Meski kasus terus meningkat, jumlah kematian Jawa Bali juga terjaga dengan sangat baik hanya satu kematian. Saya ulangi, hanya satu kematian selama bulan Januari ini yang ditemukan di Jakarta. Selain itu kasus konfirmasi di provinsi lainnya relatif terjaga dengan baik," pungkasnya. (CB-003)