Jumat, Januari 14, 2022
Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati (tengah). Foto : Ist

KEJAKSAN (CIREBON BRIBIN) - Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon sangat mendukung kegiatan UMKM. Salah satu bentuk dukungan yang diberikan, melalui pojok UMKM di kantor Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian (DKUKMPP).

“Kami sudah siapkan tempat untuk UMKM dari Kota Cirebon untuk pemasaran yaitu di kantor DKUKMPP,” kata Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati di sela-sela kegiatan Pengenalan dan Pengimplementasian Digital Marketing dan Manajemen Keuangan, di Kelurahan Sukapura, Kecamatan Kejaksan.

Eti mengatakan, dirinya secara pribadi juga turut aktif mempromosikan produk UMKM asal Kota Cirebon. Salah satu caranya melalui akun media sosial miliknya.

"Saya juga suka endorse di Instagram pribadi khusus produk asal Kota Cirebon,” katanya.

Dari pantauan cirebonbribin.com di akun Instagram pribadi milik Wakil Wali Kota Cirebon dengan nama @eti.herawati memang terlihat cukup aktif mempromosikan UMKM kota Cirebon baik melalui feed maupun Instagram story.

Eti berpesan, untuk dapat berkembang, pelaku UMKM juga harus mampu beradaptasi dengan kemajuan jaman, harus mampu memanfaatkan teknologi untuk pemasaran produk, sehingga dikenal dan diburu masyarakat.

“Masyarakat di era digitalisasi tak lepas dengan internet. Ini harus dimanfaatkan dengan baik oleh pelaku UMKM,” katanya.

Namun, yang tak kalah penting, pelaku UMKM harus memperhatikan kualitas produk dan kemasan. Selain itu, produk yang dipasarkan harus kreatif dan inovatif. Dia yakin, pelaku usaha yang memperhatikan hal tersebut produknya akan diburu masyarakat.

“Persaingan sangat ketat, jadi harus memperhatikan kualitas,” kata Eti.

Tidak dipungkiri, lanjut Eti, pelaku UMKM menjadi penggerak ekonomi, terlebih saat pandemi. Harga yang ditawarkan sangat terjangkau dan produknya lebih mengedepankan kearifan lokal.

“Ada yang bilang kalau UMKM itu usaha kecil pendapatannya miliaran. Karena memang pelaku UMKM penggerak ekonomi sesungguhnya,” tuturnya. (CB-003)

0 comments:

Posting Komentar