Kamis, Desember 09, 2021
Melihat kondisi sampah di bibir pantai Kesenden, tak jauh dari muara sungai Kedung Pane, kelurahan Kesenden, Kecamatan Kejaksaan, Kota Cirebon.

KEJAKSAN (CIREBON BRIBIN) - Ketua Fraksi PKS DPRD Jawa Barat, Haru Suandharu meninjau muara sungai kedung pane di kelurahan Kesenden, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, Kamis (9/12).

Haru Suandharu atau Kang Haru yang juga Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Barat ini dalam kunjungannya didampingi oleh Ketua Umum PKS sekaligus Sekretaris Komisi II DPRD Kota Cirebon, H. Karso dan Lurah Kesenden, Ruliyanto.

Muara sungai yang membelah wilayah Kota dan Kabupaten Cirebon ini memiliki peranan penting terhadap kehidupan nelayan di Kesenden.

Sampah yang menumpuk akibat terbawa arus sungai Kedung Pane hingga kelaut dan terbawa terhempas ombak hingga terdampar di bibir pantai

Pasalnya, muara sungai Kedung Pane ini menjadi pintu atau akses keluar masuk bagi para nelayan yang akan berangkat maupun pulang melaut.

Namun, kondisinya muara sungai ini mengalami sedimentasi, sehingga mengganggu aktivitas nelayan dan juga banyak terdapat sampah yang terbawa arus sungai hingga ke laut dan terdampar di bibir pantai.

Kang Haru mengatakan, permasalahan di muara sungai Kedung Pane ini adalah masalah yang sangat kompleks yang membutuh kerjasama dari semua pihak.

"Kalau kita hanya bekerja di hilir saja di muara saja saya kira akan sangat mahal dan sangat berat," ujarnya usai melakukan tinjauan dan berdiskusi.

Untuk penyelesaiannya, harus dimulai dari hulu sungai Kedung Pane. Salah satunya dengan melakukan penghijauan.

Kemudian, perlu dilakukan edukasi kepada masyarakat di sepanjang daerah aliran sungai agar tidak membuang sampahnya sembarangan.

"Juga difasilitasi, tempat penampungan sampah nya harus ada," jelas Kang Haru.

Haru Suandharu (kemeja) biru, berdiskusi dengan salah seorang nelayan Kesenden.

Hal lain yang bisa dilakukan, untuk meminimalisir sampah yang hanyut terbawa arus sungai hingga ke muara adalah dengan memasang jaring di beberapa titik di jembatan-jembatan.

"Tadi ada usulan pemasangan jaring beberapa titik di jembatan supaya sampah yang terbawa di sungai bisa diangkat, tidak bertumpuk di muara," tuturnya.

Terakhir, untuk masalah sedimentasi. Perlu dilakukan revitalisasi pada muara sungai Kedung Pane. Juga mungkin penanaman dan penghijauan.

"Supaya para nelayan bisa melaut tanpa tergantung kondisi pasang surut dan mendapatkan lebih baik lagi penghasilannya," katanya.

Dia menambahkan, karena permasalahannya sangat, berat harus ada kerja sama antara Kelurahan dengan Pemerintah Daerah Kota Cirebon, Pemprov Jabar bahkan dengan Pemerintah Pusat.

"Tadi saya minta Pa Karso sebagai anggota DPRD kota Cirebon untuk bisa kolaborasi dengan Pak Lurah, untuk membantu berkordinasi dengan anggota dewan Provinsi, Pusat dan Dinas teknis. Berdiskusi, kita harus duduk bareng apa yang bisa kita lakukan," tambahnya. (CB-003)

0 comments:

Posting Komentar