Senin, 06 Desember 2021

Senin, Desember 06, 2021
Pekan Budaya Daerah Kota Cirebon Tahun 2021 dapat disaksikan secara daring melalui Channel YouTube Budaya Cerbon.

KEJAKSAN (CIREBON BRIBIN) - Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) Kota Cirebon tahun 2021 yang digelar mulai hari ini, Senin 6 Desember 2021 akan menyuguhkan serangkai kegiatan seni dan budaya. Termasuk satu suguhan istimewa yakni menampilkan lima gaya tari topeng Cirebon.

Gelaran kegiatan seni budaya dengan tema “Temu Topeng Cirebon 2021"ini akan berlangsung selama tiga hari kedepan hingga 8 Desember 2021 dan dapat disaksikan secara daring melalui Chanel Youtube Budaya Cerbon.

Wakil Wali Kota Cirebon, Hj Eti Herawati mengatakan, Pemerintah Daerah Kota Cirebon sangat mendukung penyelenggaraan kegiatan ini.

"Kami Pemda Kota Cirebon, Insya Allah selama ini senantiasa konsisten mendukung kegiatan seni budaya. Termasuk anggarannya untuk gelaran PKD ini," ujar Wakil Wali Kota usai menerima Panitia PKD di ruangannya, Senin (6/12).

Kepala Dinas Seni Budaya dan Pariwisata, Agus Suherman menjelaskan, PKD merupakan kegiatan rutin tahunan yang seharusnya terlaksana pada tahun tahun sebelumnya.

"Namun karena Covid 19, baru dapat dilangsungkan pada tahun ini," jelasnya.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan respon dari pemerintah daerah terhadap Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) sebagai agenda tahunan yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Ini sebagai wujud implementasi dari agenda strategi pemajuan kebudayaan yang telah disepakati dalam Kongres Kebudayaan Indonesia 2018," katanya.

Untuk di Kota Cirebon diwujudkan dengan cara menyediakan ruang bagi keberagaman ekspresi budaya.

"Serta mendorong interaksi budaya guna memperkuat kebudayaan yang inklusif," terangnya.

Sementara itu, Patih Kesultanan Kanoman sekaligus Ketua Yayasan Cahya Widi, Pangeran Patih Raja Muhammad Qodiran mengatakan, pihaknya mendukung penuh PKD yang merupakan implementasi dari PKN tersebut.

"PKN merupakan serangkaian aktivitas berjenjang dari desa hingga pusat. Terdiri atas kompetisi daerah, kompetisi nasional, konferensi pemajuan kebudayaan, ekshibisi, dan pergelaran karya budaya dengan tujuan melestarikan budaya Indonesia," ujarnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Cirebon, Sutikno mengatakan, kegiatan PKD tahun 2021 dengan tema "Temu Topeng Cirebon" selaras dengan upaya kebugaran masyarakat. Khususnya para seniman dan budayawan.

"Ini tentunya sangat positif. Karena merupakan sebuah kolaborasi yang menyentuh berbagai hal. Dari sisi kesehatan dengan kegiatan ini kan ada pergerakan fisik yang artinya ada bugar di situ," ucapnya.

Adapun rangkaian lengkap kegiatan pada kegiatan PKD tahun ini yang disiarkan melalui Channel YouTube Budaya Cerbon yakni, pada hari pertama mulai pukul 13.00 hingga 21.00 WIB akan diisi Adzan Pitu, Musik Kolaborasi, Jemasan Kraton Kasepuhan, Lukis Kaca Cirebon, Pertunjukan Teater Pinangan, Tabir Hati, Sintren dan Tari Topeng.

Kemudian akan tampil di hari kedua mulai pukul 09.00 hingga 17.00 WIB ada Barongsai, Sega Bogana, Topeng Beling, tutorial Kedok, dan Wayang Kulit serta Macapat.

Pada hari ketiga, kegiatan akan dimulai pukul 09.00 hingga 15.00 WIB akan menampilkan Lais, panjang Jimat Kraton Kanoman, Tari Kendi, Tarling Klasik dan Tayuban. Berlanjut di pukul 15.30 WIB akan digelar Talkshow Topeng di era Generasi Z yang akan menghadirkan Toto Amsar Suanda, dan Waryo yang dimeriahkan juga penampilan Topeng Cirebon yakni Gaya Palimanan yang akan di wakili oleh Nani kadmini.

Sebagai penutup, pada malam hari mulai pukul 19.30 WIB. Akan ditampilkan empat gaya tari Topeng Cirebon yakni Gaya Losari yang di wakili Oleh Nur Anani, Gaya Gegesik yang di wakili oleh Mi Hj Juni, Gaya Slangit diwakili Oleh Inu kertapati, kemudian gaya Indramayu di wakili oleh Aerly Rasinah. (CB-003)