Sabtu, 04 Desember 2021

Sabtu, Desember 04, 2021
Sekretaris Daerah Kota Cirebon, Agus Mulyadi

KEJAKSAN (CIREBON BRIBIN) - Sekretaris Daerah Kota Cirebon meminta masyarakat waspada terhadap ancaman bahaya bencana hidrometeorologi.

Menurutnya, dengan kejadian hujan dengan curah tinggi disertai angin kencang tadi malam, bencana hidrometeorologi ini sudah terjadi di depan kita, dan kita perlu waspada untuk penanganannya.

Pemerintah Daerah Kota Cirebon sendiri terus melakukan upaya preventif maupun penanganan. Termasuk meminta Camat untuk melakukan edukasi sosialisasi ke masyarakat, mitigasi terhadap bencana.

"Kita juga sudah aktifkan posko penanganan bencana dan kita akan monitor pelaksanaannya," katanya.

Sementara dampak akibat hujan dengan curah tinggi disertai angin kencang sejak pukul 21.30 hingga menjelang pagi hari. Pemerintah Daerah Kota Cirebon telah menginventarisir beberapa kejadian yang terjadi tadi malam.

"Ada sekitar 20 titik dari berbagai macam kejadian, pohon tumbang, ada rumah rubuh ada Pohon tumbang menimpa ke jalan ada yang ke rumah kemudian ada beberapa banjir ada yang juga kena orang," ungkapnya.

Pemerintah Daerah Kota Cirebon, lanjutnya, telah mengambil langkah evakuasi dan penanganan terhadap korban jiwa.

Pembersihan terhadap pohon-pohon yang melintang dijalan pun sedang dilakukan. Namun diutamakan untuk jalan protokol terlebih dahulu.

"Prioritas jalan-jalan protokol untuk dipinggirkan dulu baru kemudian jalan-jalan konektor lainnya," ujar Agus. (CB-003)