Senin, November 15, 2021
Festival Olahraga Tradisional disambut peserta anak-anak dan orang tuanya. Foto : Ist


KESAMBI (CIREBON BRIBIN) - Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kota Cirebon, sukses menggelar Festival Olahraga Tradisional atau Oltrad tingkat SD/MI.

Kegiatan ini digelar selama dua hari, tanggal 13 - 14 November 2021 di Parkiran Bima dan Lapangan Madya Bima Kota Cirebon.

Ketua panitia yang juga sebagai Ketua 1 KORMI Kota Cirebon H Dedi Kenedi pada Minggu menjelaskan, Oltrad ini menampilkan dan mempraktikkan berbagai macam keterampilan di tingkat SD.

Ada lima cabang olahraga (cabor) yang diperlombakan yaitu Sumpitan, Skipping atau Lompat Tali, Ketapel , cabor Terompah Panjang dan lomba Dagongan.

"Kegiatan ini diikuti total sebanyak 560 peserta," jelasnya, Minggu (14/11).

Dedi juga mengapresiasi antusias siswa dan tentu respon para orangtua terhadap olahraga tradisional ini. Antusias anak-anak SD sangat tinggi sekali kemudian respon oleh para orang tua.

"Makanya Kormi mencoba peduli supaya anak - anak tidak terfokus pada gadget dan aplikasi macem-macem, olahraga ini melatih ketrampilan fisik anak-anak," katanya.

Menurut Dedi, meski olahraga tradisional tidak menonjolkan prestasi namun ini menjadi pondasi awal untuk menaikan spesifikasi olahraga yang dipilih.

Ia mengaku, olahraga tradisional ini sangat diminati masyarakat Indonesia maupun dunia. Tentunya dengan adanya fesitval olahraga tradisional, diharapkan penggalian dan pengembangan bisa dibangkitkan dan dilanjutkan oleh masyarakat. 

"Sehingga anak-anak sudah terbiasa dilatih untuk olahraga tradisional tersebut," pungkasnya. (CB-003)

0 comments:

Posting Komentar