Sabtu, November 13, 2021
Foto : Tangkapan layar

KEJAKSAN (CIREBON BRIBIN) - Kabar baik datang dari perkembangan situasi Covid-19 di Kota Cirebon. Pasalnya, berdasarkan data yang ditunjukkan dari website kementerian kesehatan Republik Indonesia pada laman https://vaksin.kemkes.go.id/#/scprovinsi menunjukkan assesmen situasi Covid-19 di Kota Cirebon pertanggal 11 November 2021 telah berada pada level 1.

Dari keterangan yang berhasil dihimpun cirebonbribin.com pada laman website Kemenkes, ada lima level situasi pandemi, yakni level 0, 1, 2, 3 dan 4.

Yang mana, level situasi pandemi tersebut akan menjadi dasar untuk menjadi dasar pengetatan atau pelonggaran upaya kesehatan masyarakat dan pembatasan sosial.

Adapun untuk level situasi 1 yang diartikan situasi di mana penularan tidak terjadi namun ada keterbatasan dalam penerapan upaya mencegah penularan: atau jika kasus Level Situasi 1 sudah ada, epidemi masih dapat dikendalikan melalui tindakan yang efektif di sekitar kasus atau kluster kasus. 

Untuk menentukan assessmen level situasi di daerah, dilihat berdasarkan level transmisi penularan dengan kapasitas respons sistem kesehatan di wilayah tersebut, cakupan vaksinasi dosis pertama dan cakupan vaksinasi untuk kategori lansia.

Dimana, salah satu syarat untuk suatu daerah masuk kedalam level situasi 1. Cakupan vaksinasi dosis pertama harus mencapai 70 persen dan cakupan vaksinasi lansia harus mencapai 60 persen.

Adapun di Kota Cirebon, informasi yang berhasil di himpun dari website Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Kota Cirebon (Pikocir) menunjukkan bahwa hingga tanggal 11 November 2021. Cakupan vaksinasi dosis pertama telah mencapai angka 95,68 persen. Dan untuk cakupan vaksinasi lansia telah berhasil mencapai angka 62,09 persen. (CB-003)

0 comments:

Posting Komentar