Rabu, Oktober 27, 2021
Pembukaan Pelatihan Sumber Daya Manusia Pariwisata tingkat Kota Cirebon, Selasa (26/10).

KEJAKSAN (CIREBON BRIBIN) - Sebagai motor penggerak dan pelaku utama yang menciptakan produk inti pariwisata. Sumber daya manusia (SDM) memegang peranan penting untuk pengembangan sektor pariwisata Kota Cirebon, karenanya perlu ada pelatihan dan pembinaan yang tepat guna peningkatan kompetensi SDM sektor pariwisata.

Hal tersebut seperti yang diungkapkan oleh Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati saat membuka Pelatihan Sumber Daya Manusia Pariwisata tingkat Kota Cirebon, Selasa (26/10).

“SDM pada industri pariwisata ibarat motor penggerak,” tutur Eti.

Ditambahkan Eti, sektor pariwisata di Kota Cirebon harus terus dikembangkan. Apalagi Kota Cirebon memiliki banyak potensi wisata dengan keunikan dan keunggulannya.

Kota Cirebon memiliki keraton lengkap dengan adat istiadat, seni dan budayanya. Tidak hanya itu, kuliner di Kota Cirebon juga beragam.

"Semua potensi yang dimiliki ini seharusnya mampu menarik kunjungan wisatawan ke Kota Cirebon," tambahnya.

Kota Cirebon, lanjut Eti, juga terus berupaya untuk membangun sektor kepariwisataan. Yaitu dengan melaksanakan pembangunan destinasi pariwisata tingkat Kota Cirebon dengan sistematis, terencana, terpadu dan berkelanjutan.

“Pariwisata menjadi salah satu orientasi pembangunan di Kota Cirebon untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” tutur Eti.

Eti juga yakin, pariwisata di Kota Cirebon dapat bangkit dengan cepat di masa pandemi Covid-19. 

“Dengan semangat gotong royong yang kita miliki, sektor pariwisata di Kota Cirebon akan bangkit kembali,” tutur Eti.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cirebon, Agus Suherman, menjelaskan dengan pelatihan yang diberikan hingga 28 Oktober mendatang.

"Diharapkan teman-teman yang berada di lokasi wisata dapat mempersiapkan diri," katanya.

Yakni, bersiap untuk meningkatkan potensi yang ada di wilayah mereka sebagai destinasi wisata.

"Melalui pelatihan yang diberikan ini kami juga berharap orang-orang yang bergerak di bidang pariwisata memiliki kesadaran wisata," tutupnya. (CB-003)

0 comments:

Posting Komentar