Jumat, 15 Oktober 2021

Jumat, Oktober 15, 2021
Pelatihan konselor bagi relawan KPI pada Rabu, 13 Oktober 2021. Foto : Istimewa

INDRAMAYU (CIREBON BRIBIN) - Koalisi Perempuan Indonesia (KPI) Indramayu bekerjasama dengan Unit Pelayanan dan Pengembangan Psikologi (UP3) Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (UNUSIA) Jakarta, menggelar pelatihan konselor bagi relawan KPI pada Rabu, 13 Oktober 2021.

Kegiatan tersebut, berlangsung di Kantor KPI Indramayu dengan dihadiri Ketua DPRD Indramayu, H. Syaefuddin, Sekwil KPI Indramayu, Darwinih, Sekcab KPI Indramayu, Yuyun Khoerunisa, Dinas DP3A Indramayu, Robihin, Kanit PPA Polres Indrmayu, Indri Hapsari, serta Tim Fasilitator UP3 Unusia Jakarta.

Sekretaris Wilayah (Sekwil) KPI Indramayu, Darwinih dalam pembukaan kegiatan pelatihan konselor mengatakan, kegitan ini bertujuan meningkatkan kapasitas kader dalam melakukan pertolongan pertama pada korban kekerasan.

"Dan mendorong peluang kader KPI untuk berkontribusi dalam mewujudkan Indramayu yang ramah perempuan dan anak," katanya.

Foto : Istimewa

Menurutnya, kasus kekerasan terhadap perempuan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan apa yang digambarkan didata kasus. Data catatan awal tahun 2021 KPI Cabang Kabupaten Indramayu yang telah dirilis, tercatat dalam data penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di Unit PPA Polres Indramayu, KDRT menempati posisi pertama jenis kasus yang banyak ditangani di tahun 2020, yakni sebanyak 44 kasus, disusul 30 kasus persetubuhan anak, 9 kasus pencabulan anak, 1 kasus trafficking, dan 21 kasus penganiayaan anak.

"Banyaknya kasus kekerasan terhadap perempuan dan perkawinan anak yang terjadi di Indramayu menjadi perhatian khusus KPI Cabang Kabupaten Indramayu dalam pendampingan korban," jelas Mahasiswi Program Studi Psikologi Unusia Jakarta ini.

Pelatihan Konselor tersebut diselenggarkan selama dua hari dan diikuti oleh 30 peserta calon Konselor baik dari Indramayu maupun luar kota Indramayu yang akan bertugas sebagai relawan KPI di masing-masing daerah.

"Dalam kegiatan ini juga mengahadirakan fasilitatior Nasional dari Unit Pelayanan dan Pengembangan Psikologi (UP3) Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (UNUSIA) Jakarta yaitu, Maryam Alatas, M.Psi, Psikolog, Wakil Dekan Soshum UNUSIA yang juga Kepala UP3 UNUSIA Jakarta, Dr. Muhammad Fakhrurrozi, M.Psi., Psikolog Wakil Dekan Universitas Gunadarma, sekaligus Editor Majalah Risalah NU dan Cristina Marta, M.Psi.Psikolog," tutup Darwinih. (CB-003)