Senin, Oktober 18, 2021
Membina generasi muda dengan menitik beratkan pada kegiatan persaudaraan, kerukunan dan perdamaian dalam perkemahan Pramuka Pelantara. Foto : Ist

KESAMBI (CIREBON BRIBIN) - Perkemahan Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) di Bumi Perkemahan Kompleks TNI AL Tubono Jl DR Cipto Mangunkusumo, Kota Cirebon, resmi dibuka hari ini, Senin (18/10).

Hadir dalam kegiatan upacara pembukaan Pelantara ke 10 tahun 2021 tersebut, Kasubdis Komsosmar Kolonel (Mar) Widoyono, Palaksa Lanal Cirebon Mayor Laut (KH) Jajat Hidayat, Pjs Paspotmar Lanal Cirebon Kapten Laut (S) Gilang Pradana Wicaksono, dan penjabat instansi lainnya.

Dalam sambutannya, Kasubdis Komsosmar Kolonel (Mar) Widoyono mengatakan kegiatan Pelantara juga berlangsung di lima wilayah Lantamal III yaitu Lanal Cirebon, Palembang dan Belitung. 

"Kemudian di Lantamal V yakni Lanal Tegal dan Lantamal VIII Manado. Karena masih dalam kondisi Pandemi Covid-19 maka kegiatan Pelantara diselenggarakan menyesuaikan kondisi dan mengikuti protokol kesehatan," katanya.

Dia menjelaskan, kegiatan perkemahan pramuka Pelantara ini bertujuan sebagai sarana pembinaan yang menitik beratkan pada kegiatan persaudaraan, kerukunan dan perdamaian.

"Serta menumbuhkan kebangsaan dan berjiwa kemaritiman kepada generasi muda," jelasnya.

Sebagai generasi penerus bangsa, segenap anggota Saka Bahari bersama-sama dengan seluruh komponen bangsa di tanah air, berkewajiban untuk mengisi kemerdekaan dengan kegiatan-kegiatan yang konstruktif dan bermanfaat.

Menurut Widoyono, Pelantara juga merupakan sebagaian upaya TNI Angkatan Laut dalam melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan laut yakni dengan pembinaan dan pengembangan Saka Bahari dalam kerangka National Charakter Building.

"Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) saat ini terlaksana yang ke 10 adalah kegiatan pembinaan generasi penerus bangsa anggota Saka Bahari yang dilaksanakan dalam bentuk kegiatan perkemahan dan pelayanan menggunakan kapal perang TNI AL atau KRI jenis LPD yang merupakan alutista TNI AL dengan menyinggahi pulau-pulau terdepan di wilayah NKRI dan perkemahan pesisir di tepi pantai," pungkasnya. (CB-003)

0 comments:

Posting Komentar