Rabu, Oktober 06, 2021
CIREBON (CIREBON BRIBIN) - Anggota Komisi VI DPR RI, DR. Herman Khaeron mengaku turut prihatin dengan terjadinya bentrok antar petani di wilayah HGU PT. RNI (persero) Kabupaten Indramayu.

Dia berharap, sengketa lahan ini dapat diselesaikan dengan musyawarah dan mengedepankan kebersamaan.

"Saya juga turut berbela sungkawa atas korban jiwa petani meninggal 2 orang," katanya, Rabu (5/10).

Konflik di kawasan HGU PT. RNI (persero) ini, lanjut pria yang akrab disana Kang Hero. Telah lama berlangsung dan beberapa kali dirinya telah memfasilitasi pertemuan dengan kementrian kehutanan sebagai pemilik lahan dan PT RNI (Persero) sebagai pemilik HGU kebun tebu ini, namun sayangnya tidak pernah selesai.

Menurutnya, Direksi RNI tidak pernah mendudukan persoalan ini dengan baik, bahkan selalu dengan cara-cara pendekatan aparat.

Kang Hero juga meyakini, jika RNI serius menangani konflik pertanahan ini, dapat selesai secara baik dan dibangun sinergi saling menguntungkan antara BUMN dan Warga sekitar.

"Nasi sudah jadi bubur, saat ini telah menelan korban jiwa, dan jika tidak diselesaikan secara komprehensif akan terus terjadi konflik yang berkepanjangan, dan merugikan harmonisasi antar warga," ujarnya.

Dirinya berharap, polisi dapat menegakan hukum seadil-adilnya, memproses yang menyebabkan terjadinya 2 warga meninggal, dan membebaskan warga yang tidak bersalah.

Aparat kepolisian menurutnya tidak perlu represif, tegakan saja hukum seadil-adilnya. Terkait dengan saudara Taryadi, salah seorang pimpinan FKamis dan juga anggota DPRD dari demokrat, Kang Hero meyakini tidak terlibat bentrokan.

"Saya tahu sejak menjabat kepala desa dulu, aktif membela warga," katanya.

Dia menambahkan, dirinya juga telah beberapa kali saya memfasilitasi pertemuan dengan para pejabat negara terkait dengan kawasan hutan di selatan indramayu, Taryadi selalu menyampaikan bahwa sejarahnya kawasan itu adalah kawasan hutan, dan warga berkeinginan mengembalikanya menjadi kawasan hutan sebagai penyangga kehidupan masyarakat.

"Karena kehadiran RNI di kawasan itu tidak kunjung memberi kesejahteraan bagi warga sekitar HGU," tambahnya. (CB-003)

0 comments:

Posting Komentar