Sabtu, Oktober 02, 2021
Ketua IDI Kota Cirebon, dr. Muhammad Edial Sanip


KEDAWUNG (CIREBON BRIBIN) - Manusia di seluruh belahan dunia, termasuk Indonesia telah mengalami pandemi Covid-19 selama hampir dua tahun lamanya. Lantas apakah pandemi ini akan berakhir, dan manusia akan hidup berdampingan dengan virus yang masih diperdebatkan darimana asal usulnya tersebut.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Cirebon, dr. Muhammad Edial Sanip saat ditanya tentang kemungkinan manusia hidup berdampingan dengan Covid-19 mengatakan, bila imunitas manusia sudah lebih baik.

"Kalau imunitas masyarakat sudah bagus ya bisa saja," katanya kepada cirebonbribin.com hari ini, Sabtu (2/10).

Dia menjelaskan, seperti contohnya adalah influenza. Yang mana, dahulu influenza sangat mematikan dan menyebabkan ratusan ribu orang meninggal dunia.

"Jika kita melihat sejarah, pernah terjadi pandemi Influenza," jelasnya.

Seiring berjalannya waktu, imunitas masyarakat baik dan variannya mulai hilang. Akhirnya semua sudah terbiasa dan bisa hidup berdampingan.

"Termasuk nantinya dengan pandemi Covid-19 ini, suatu saat masyarakat kita sudah terbiasa," katanya.

Selama kurun waktu hampir dua tahun pandemi Covid-19 di seluruh dunia, lanjut Edial. Bukan tak mungkin diantara kita sebenarnya sudah terpapar, namun dengan varian yang ringan atau satu jenis saja dengan efek atau gelaja yang tidak terlalu berat.

"Nah hal itu juga membentuk imunitas, sehingga bukan tidak mungkin nantinya Covid-19 akan seperti batuk pilek saja," pungkasnya. (CB-003)

0 comments:

Posting Komentar