Kamis, 09 September 2021

Kamis, September 09, 2021
Proses evakuasi korban perahu terbalik di perairan Indramayu. Foto : istimewa

INDRAMAYU (CIREBON BRIBIN) - Sebanyak enam orang berhasil diselamatkan oleh personel Dit Polairud Polda Jabar dalam insiden perahu terbalik di perairan Indramayu pada Kamis (9/9) pagi tadi.

Keenam orang tersebut merupakan nahkoda dan anak buah kapal (ABK) perahu KM Ibu Jaya.

Direktur Polairud Polda Jabar, Kombes Pol Widihandoko mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan adanya perahu terbalik di Perairan Pancer Payang, Kabupaten Indramayu.

"Perahu tersebut diketahui berangkat dari perairan Karangsong menuju Laut Jawa untuk mencari ikan," katanya.

Namun nahas, dalam perjalanan di Perairan Pancer Payang, Perahu KM Ibu Jaya terkena ombak dari sisi belakang yang mengakibatkan perahu terbalik.

"Pada saat kondisi perahu terbalik Nahkoda dan ABK bertahan di atas perahu sebelum karam dan selanjutnya minta bantuan ke Sat Pol Airud Polres Indramayu," jelasnya.

Sebanyak 2 personel Dit Polairud Polda Jabar ditambah 4 personel daru Pol Airud Polres Indramayu pun langsung diberangkatkan menuju lokasi untuk melakukan evakuasi penyelamatan.

"Beruntung nahkoda dan seluruh ABK berhasil diselamatkan, untuk kemudian dilakukan evakuasi ke darat dan menjalani pemeriksaan kesehatan," katanya.
 
Pihaknya juga mengimbau kepada seluruh nelayan agar selalu berhati-hati saat melaut. Terlebih disaat kondisi angin kencang.

"Yang terpenting berhati-hati dan selalu ingat alat keselamatan agar selalu digunakan saat melaut untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan," tambahnya.(CB-003)