Selasa, 14 September 2021

Selasa, September 14, 2021

 

Pembukaan Leadership Training Angkatan Pertama di Kampus IAI Bunga Bangsa Cirebon

CIREBON—Mahasiswa baru Kampus Institut Agama Islam (IAI) Bunga Bangsa Cirebon tahun ajaran 2021/2022 mengikuti leadership training (pelatihan kepemimpinan) yang dilaksanakan secara bertahap mulai 14-18 September 2021.

Rektor IAI Bunga Bangsa Cirebon Dr. H. Oman Fathurohman MA mengatakan tujuan dari kegiatan leadership training yaitu agar mahasiswa baru memiliki 3 nilai (trinilai) yang harus diamalkan selama menjalani perkuliahan ataupun setelah lulus nanti.

Dia menuturkan ketiga nilai tersebut yang pertama adalah nilai kebangsaan, nilai kepemimpinan dan nilai kebersamaan. “Apalagi tugas umat manusia diciptakan di muka bumi yaitu untuk menjadi pemimpin,” katanya sambil mengutip ayat Al-Qur`an surat Al-Baqarah ayat 30, saat membuka kegiatan leadership training, Selasa (14/09/2021).

Selain menjadi pemimpin, kata Oman tugas umat manusia di muka bumi adalah untuk beribadah kepada Allah SWT, sehingga diharapkan mahasiswa atau alumni IAI Bunga Bangsa Cirebon bisa menjadi pemimpin yang memiliki komitemen kebangsaan yang kuat, mampu mensejahterakan masyarakat dan mampu membuat kebijakan-kebijakan yang bermanfaat dengan tujuan untuk melayani masyarakat dan ibadah.

“Kami berharap mahasiswa dan alumni IAI Bunga Bangsa Cirebon mampu menjadi pemimpin, baik pemimpin formal ataupun informal,” tuturnya.

Oman mengungkapkan melalui nilai kepemimpinan dan nilai kebersamaan diharapkan alumni IAI Bunga Bangsa Cirebon pada saat berkiprah di masyarakat bisa saling mendukung dan saling membesarkan.

Leadership training ini merupakan angkatan pertama dan akan terus diadakan setiap tahunnya untuk mahasiswa baru,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Muhammadun M. Si menambahkan leadership training merupakan rangkaian Kegiatan Orientasi Mahasiswa dan Pengenalan Akademik Kampus (KOMPAK) yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru.

“Ada 3 tema besar materi yang diberikan kepada mahasiswa baru seputar kepemimpinan seputar konsep, kompetensi dan skill yang harus dimiliki para pemimpin di era digital,” pungkasnya. (CB-001).