Kamis, September 09, 2021
Foto : istimewa


KEJAKSAN (CIREBON BRIBIN) - Badan metereologi, klimatologi dan geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kertajati mengeluarkan peringatan adanya peningkatan kecepatan angin di wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan (Ciayumajakuning).

Peningkatan kecepatan angin ini diprakirakan berlangsung selama dua hari mulai tanggal 9 sampai dengan 10 September 2021.

Prakirawan BMKG Kertajati, Ahmad Faa Izyin menjelaskan, peningkatan kecepatan angin ini disebabkan akibat dari adanya perbedaan tekanan udara yang cukup signifikan di wilayah Selatan dan Utara Ekuator Indonesia.

"Perbedaan tekanan yang cukup signifikan tersebut dengan didukung faktor lokal (Gunung Ciremai) sehingga berpengaruh pada peningkatan kecepatan angin di wilayah Ciayumajakuning," jelasnya, Kamis (9/9).

Berdasarkan hasil pengamatan dari BMKG Stasiun Meteorologi Kertajati pagi hari ini, lanjutnya. Arah angin umumnya dari Selatan dengan kecepatan maksimum mencapai 22 Knot atau 41 km/Jam.

"Diprakirakan dapat mencapai nilai maksimum hingga 30 knot atau 56 km/jam dan masih akan berlangsung hingga besok," tambahnya.

Karenanya, masyarakat diimbau agar lebih berhati-hati terhadap dampak yang bisa ditimbulkan dari peningkatan kecepatan angin ini.

"Seperti debu, pohon tumbang, baliho roboh, potensi kebakaran lahan/hutan serta minum air yang cukup dan menjaga kondisi tubuh," imbaunya. (CB-003)

0 comments:

Posting Komentar