Rabu, Juli 07, 2021
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Drs. Agus Mulyadi menjelaskan, vaksinasi Covid-19 di Kota Cirebon sudah masuk kategori untuk warga berusia remaja (12 – 17 tahun), 18 tahun sampai warga lanjut usia (lansia).

HARJAMUKTI (CIREBON BRIBIN) - Vaksinasi Covid-19 di Kota Cirebon sudah menyasar ke masyarakat umum, mulai dari usia 12 tahun ke atas atau remaja. Di Kelurahan Harjamukti vaksinasi tersebut telah dimulai pada Selasa 6 Juli 2021.

Antusias calon penerima vaksin di lokasi yakni di Baperkam RW 1 Kanggraksan Utara cukup tinggi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Drs. Agus Mulyadi menjelaskan, vaksinasi Covid-19 di Kota Cirebon sudah masuk kategori untuk warga berusia remaja (12 – 17 tahun), 18 tahun sampai warga lanjut usia (lansia).

“Untuk pelayan publik sudah 135 persen capaiannya, tapi kalau lihat dari target saat ini yakni 237 ribu, kita baru tercapai 28 persen,” jelasnya.

Target sebelumnya, kata Agus, sudah selesai dan jumlah tersebut merupakan target untuk usia remaja sampai lansia.

“Kami menyusun skenario untuk lansia terus berjalan, kemudian masyarakat umum dan remaja untuk divaksin,” ucapnya.

Untuk remaja, menurutnya, akan dilakukan pendataan dan penyisiran melalui Dinas Pendidikan (Disdik), untuk usia 18 tahun ke atas akan kembali dibuka pendaftaran melalui online.

“Ini khusus warga Kota Cirebon, nanti akan kami distribusikan ke masing-masing kelurahan, atau puskesmas,” jelasnya.

Agus menjelaskan, untuk ketersediaan vaksin jenis Sinovac sendiri di Kota Cirebon cukup banyak yakni 5.500 dari Polri, 12 ribu dari TNI, 18 ribu milik Pemda Kota Cirebon dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Barat.

“Jumlah 35.500 kita harapkan Bulan Juli ini selesai,” tandasnya.

Sementara, Lurah Harjamukti, Hendri Padriansyah, mengungkapkan, berkat dukungan RW, tokoh masyarakat, tokoh agama dan pihak terkait se-Kelurahan Harjamukti, antusias warga untuk menjalani vaksinasi cukup banyak.

“Alhamdulillah banyak warga antusias untuk melaksanakan vaksinasi,” kata Lurah.

Dikatakan Hendri, dengan dilaksanakan vaksin ini dapat membantu menjaga kekebalan tubuh dan imun dengan cara tetap menerapkan protokol kesehatan keluarga khususnya dan masyarakat pada umumnya. Intinya kita harus saling menjaga dan menerapkan protokol kesehatan seperti yang telah dianjurkan oleh pemerintah. 

“Alhamdulillah para ketua RW se-Kelurahan Harjamukti sangat mendukung dengan adanya vaksinasi ini,” ungkap Hendri. (CB-003)

0 comments:

Posting Komentar