Kamis, Juli 01, 2021
Peluncuran TADEX (Tanah Air Digital Exchange), yang merupakan premium programmatic advertising terbesar di Indonesia. TADEX hadir sebagai solusi bagi para pelaku di industri periklanan Indonesia, baik bagi publishers, advertisers, dan pihak-pihak yang berkepentingan lainnya. Foto : Telkomsel

JAKARTA (CIREBON BRIBIN) - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) semakin memperkuat peran sebagai penyedia teknologi dan layanan digital terdepan melalui tiga pilar bisnis digitalnya, yaitu digital connectivity, digital platform, dan digital services. Kali ini, TelkomGroup mendukung Dewan Pers dan industri pers nasional dalam mengimplementasikan inovasi teknologi terkini bagi industri media, khususnya periklanan, dengan meluncurkan layanan digital bernama TADEX (Tanah Air Digital Exchange), sebuah premium programmatic advertising terbesar di Indonesia. TADEX hadir sebagai solusi bagi para pelaku di industri periklanan Indonesia, baik bagi publishers maupun advertisers dan pihak-pihak yang berkepentingan lainnya. TADEX terbentuk sebagai hasil kolaborasi dua anak perusahaan TelkomGroup yakni Telkomsel dan Metranet bersama dengan Dewan Pers, Task Force Media Sustainability dan Asosiasi Periklanan.

Dalam peluncuran TADEX yang diselenggarakan secara virtual, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengatakan, dirinya menyambut baik kolaborasi antara dewan pers, Task Force Media Sustainablity, dan TelkomGroup yang menciptakan inovasi teknologi bagi industri media, khususnya periklanan dengan menghadirkan TADEX.

Karya anak bangsa ini menurutnya perlu di dukung dan manfaatkan sebaik-baiknya untuk mendorong ekosistem digital yang inklusif, membangun perikalanan digital yang inovatif dan transparan dengan tetap mengedepankan kualitas penyampaian pesan ke publik.

"Saya yakin TADEX akan memberikan angin segar karena menawarkan model bisnis periklanan digital berkelanjutan, membuka banyak peluang-peluang baru yang bermanfaat bagi advertiser, publisher, marketer, dan pemangku kepentingan lainnya. Kehadiran TADEX menjadi momentum penting untuk melahirkan lompatan-lompatan baru, menciptakan ekosistem digital yang lebih baik, dan menjadikan Indonesia sebagai negara dengan kekuatan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara," katanya, Kamis (1/7).

Pada kesempatan yang sama, Menteri BUMN Republik Indonesia, Erick Thohir mengatakan, semua pihak harus optimis dan yakin, walau ada pelemahan konsumsi dan tantangan ekonomi, kebutuhan beriklan tidak akan hilang. Yang ada tentunya terjadi pergeseran kebutuhan secara platform dengan cara beriklannya, yaitu dengan digitalisasi.

"Ini adalah kolaborasi perusahaan BUMN TelkomGroup dengan insan media dan tentunya dewan pers yang kita harapkan kolaborasi ini dapat menjadi sebuah kekuatan penyeimbang dan tentu harus kita jaga keberlangsungannya. Ini momen bersejarah bagi ekosistem periklanan digital. Platform ini merupakan premium publisher programmatic pertama karya anak bangsa yang tidak kalah dengan platform periklanan global lainnya, dimana TADEX hadir dari Indonesia untuk Indonesia," kata Menteri BUMN.

Ketua Dewan Pers Indonesia, Mohammad Nuh mengatakan, keehadiran TADEX sudah lama diimpikan, kolaborasi antar anak bangsa ini membuktikan bahwa sinergi membawa impossibility menjadi possibility.

"TADEX akan membangkitkan kepedulian kita tentang data, dimana data menjadi asset yang sangat luar biasa dan harus kita kelola dengan baik oleh anak bangsa sendiri. Dengan demikian, kekayaan kita yang luar biasa itu tidak lari ke mana-mana manfaatnya dan justru akan dapat kita manfaatkan sebaik-baiknya demi kemajuan bangsa Indonesia," ujarnya.

Ditambahkan Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah menjelaskan, sebagai perusahaan telekomunikasi terdepan, Telkom telah mencanangkan diri untuk mendukung beragam ekosistem melalui optimalisasi teknologi digital, seperti UMKM, pendidikan, pertanian hingga pariwisata. Sejalan dengan transformasi untuk menjadi digital telco yang tengah dilakukan Telkom saat ini, TADEX menjadi salah satu wujud peran aktif Telkom dalam membangun dan memajukan dunia periklanan nasional.

"Semoga kehadiran TADEX sebagai produk anak bangsa dapat mendukung industri periklanan Indonesia yang hadir dari, oleh dan untuk para pelaku industrinya sendiri, dan pada akhirnya mewujudkan kedaulatan digital Indonesia," jelasnya.

Sebagai layanan premium programmatic periklanan, TADEX memiliki tiga fitur yang menjadi unggulan. Pertama, TADEX terhubung dengan sistem big data analytics milik TelkomGroup, sehingga iklan yang ditayangkan akan lebih efektif dan tepat sasaran sesuai dengan target segmen yang diinginkan oleh pengguna atau pengiklan. Kedua, TADEX menawarkan beragam kategori media penyaluran iklan digital, mulai dari SMS, MMS, aplikasi, hingga situs web dari para publishers terpercaya. Dengan saluran media yang beragam tersebut dapat menjangkau sebanyak mungkin pelanggan atau penerima iklan. Ketiga, TADEX memungkinkan penggunanya untuk melakukan personalisasi iklan secara luas untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pemasangan iklan, serta menjalankan programmatic ads melalui publisher yang terpercaya. Hal ini menjadikan pemasangan iklan menjadi lebih tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan pengguna atau pengiklan.

Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam mengatakan, Telkomsel sebagai leading digital telco company berupaya untuk dapat membuka akses dan potensi digital secara optimal di berbagai sektor industri dengan konsisten melanjutkan transformasi bisnis perusahaan yang terus menjadi landasan dalam menghadirkan produk dan layanan Telkomsel sebagai pilihan terbaik bagi pemenuhan gaya hidup digital masyarakat.

"Hal ini diwujudkan dengan menghadirkan layanan periklanan digital TADEX kolaborasi Telkomsel dan Metranet yang di inisiasi oleh TelkomGroup untuk membantu pelaku industri media dan periklanan di Indonesia agar dapat terus tumbuh dan berkembang melalui solusi digital yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan di industri," katanya.

Pengembangan TADEX sendiri berdasarkan pada empat tolok ukur, yakni scalability, impact, quality, dan data. TADEX memiliki skalabilitas yang luas sehingga dapat menyediakan berbagai macam inventori yang memungkinkan konten iklan dapat ditayangkan secara luas ke seluruh penjuru negeri. Selanjutnya dari sisi impact, dengan adanya berbagai macam pilihan saluran dan format iklan, TADEX dapat memberikan layanan yang sesuai dengan kebutuhan pengguna, sehingga iklan yang ditayangkan berjalan efektif, tersebar luas dan tepat sasaran.

Kemudian dari sisi kualitas yang dihasilkan, TADEX dapat membantu penggunanya untuk terhubung dengan segmen yang tepat, sehingga kampanye iklan dapat berjalan optimal, baik itu dalam hal trafik, penempatan, hingga waktu tayangnya. Terakhir, terkait data yang menjadi prioritas utama TADEX, karena terhubung dengan big data analytics Telkom Group, kami menjamin keamanan data pelanggan. Di saat bersamaan, TADEX dapat memberikan insight yang menyeluruh dan terarah, sehingga pengiklan dapat menayangkan iklan-iklannya dengan nyaman karena tepat guna pada target yang dituju.

Berangkat dari seluruh keunggulan tersebut, TADEX akan menjadi premium programmatic advertising platform terbesar bagi ekosistem media digital di Indonesia. Para pemiliki merek (Media Agency) dapat menemukan solusi layanan terkait strategi periklanan digital melalui beragam inventory yang berkualitas, dimana seluruh inventory dimiliki oleh publishers media yang terverifikasi oleh Dewan Pers. Kemudian TADEX juga memiliki kapabilitas dalam menjangkau lebih banyak target audiens di seluruh Indonesia melalui ekosistem big data analytics Telkomsel dan TelkomGroup yang terarah dengan data yang terlindungi secara aman.

"TADEX diharapkan dapat menjadi solusi untuk menciptakan skema periklanan digital yang sehat, sehingga dapat berkontribusi dalam membentuk ekosistem pers nasional yang berkelanjutan dan juga ramah bagi para pembaca, khususnya dalam hal pengalaman menikmati konten dari publishers," tutup Hendri. (CB-003)

0 comments:

Posting Komentar