Kamis, Juli 15, 2021
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo meluncurkan paket obat untuk Isoman gratis. Foto : tangkapan layar

CIREBON (CIREBON BRIBIN) - Pemerintah hari ini akan segera membagikan paket vitamin dan obat untuk isolasi mandiri gratis di wilayah-wilayah yang beresiko. Untuk tahap sekarang ini, yang akan dibagikan adalah 300 ribu paket untuk yang melakukan isolasi mandiri di pulau Jawa dan Bali.

Hal tersebut seperti yang diungkapkan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo di Istana Merdeka, Kamis (15/7).

"Kemudian akan dilanjutkan dengan 300 ribu paket lagi untuk yang di luar Jawa," ungkapnya

Ada tiga jenis paket obat isolasi mandiri yang di bagikan, masing-masing untuk 7 hari. Paket pertama berisi vitamin-vitamin untuk warga dengan PCR positif tanpa gejala atau OTG. Paket kedua, berisi vitamin dan obat untuk warga dengan PCR positif disertai keluhan panas dan kehilangan penciuman, paket ini membutuhkan konsultasi dokter. Paket ketiga berisi vitamin dan obat untuk warga dengan physical positif disertai keluhan panas dan batuk kering, paket ini juga membutuhkan konsultasi dan resep dari dokter.

Presiden menegaskan, seluruh paket vitamin dan obat tersebut gratis.

"Ketiga paket obat isolasi mandiri ini tidak diperjualbelikan," tegasnya.

Jokowi mengatakan, pasokan obat ini akan disiapkan oleh menteri BUMN yang di diproduksi oleh BUMN farmasi, dan kemudian pendistribusiannya ini akan dikoordinasikan oleh panglima TNI yang nanti tentu saja akan berkoordinasi dengan Pemda sampai Pemerintah Desa maupun melibatkan Puskesmas, Babinsa dan pengurus RT RW.

"Saya minta agar dilakukan pengawasan yang ketat di lapangan agar program ini betul-betul bisa maksimal mengurangi risiko karena kopi dan membantu pengobatan warga yang penderita Covid-19," katanya. (CB-003)

0 comments:

Posting Komentar