Selasa, 27 Juli 2021

Selasa, Juli 27, 2021
Lurah Kesenden, Ruliyanto mengundang Ketua Koperasi Warga Bangkit untuk membahas rencana pengembangan koperasi.

KEJAKSAN (CIREBON BRIBIN) - Berawal dari inisiatif agar warga tidak terjerat rentenir, Koperasi Warga Bangkit yang berdiri tahun 2001 silam ini kini juga mampu membantu memudahkan para anggotanya untuk melakukan pembayaran tagihan listrik dan air. Sehingga setiap bulannya, tidak ada lagi anggota yang terlambat membayar tagihan atau menunggak.

Hal tersebut seperti yang diungkapkan Ketua Koperasi Warga Bangkit Kelurahan Kesenden, Cutom Rohmana kepada wartawan, Selasa (27/7).

"Karena sudah dibayarkan oleh koperasi, tidak ada lagi cerita anggota yang meninggak bayar listrik dan air," ungkapnya.

Cutom menuturkan, Koperasi Warga Bangkit ini saat didirikan hanya memiliki modal awal Rp 125 saja dari lima orang anggota. Namun seiring berjalannya waktu dan kerja keras, koperasi ini pun semakin berkembang dan telah memiliki aset lebih dari Rp 1 Milyar.

Meski simpan pinjam menjadi core bisnis dari Koperasi ini, namun inovasi lainnya untuk membantu anggota terus dilakukan pengurus. Salah satunya untuk pembayaran tagihan listrik, air, sembako dan kebutuhan untuk Hari Raya.

"Alhamdulillah semakin berkembang, anggotanya pun semakin bertambah bukan hanya warga Kesenden," tuturnya.

Koperasi Warga Bangkit juga dikatakan Cutom sudah memiliki 50 mitra binaan di sektor perdagangan maupun jasa yang sebagian besar sudah mandiri.

Namun, meski bisa dikatakan pengelolaan koperasi ini berhasil. Bukan berarti tidak ada permasalahan yang dihadapi oleh pengurus.

Cutom menjelaskan, ada beberapa permasalahan yang dihadapi, antara lain terkait pengembangan sumber daya masyarakat (SDM) pengurus koperasi dan juga belum adanya sekretariat atau bangunan kantor.

"Kami harapkan bila ada peningkatan SDM tentunya koperasi akan bisa lebih berkembang. Terkait bangunan kantor, saat ini sementara kami menempati rumah bendahara," jelasnya.

Sementara itu, mengetahui adanya potensi besar yang dimiliki Koperasi Warga Bangkit di wilayahnya, Lurah Kesenden Ruliyanto langsung merespon hal tersebut.

"Ini luar biasa, bisa menjadi ikon perekonomian Kelurahan Kesenden," katanya.

Dia menjelaskan, pihaknya akan mengerahkan segala upaya untuk membantu agar Koperasi Warga Bangkit ini bisa lebih berkembang.

"Kita akan bantu untuk peningkatan SDM nya, termasuk soal gedung kantor," jelasnya.

Ruli sendiri mengaku kaget, sebab dari penuturan Ketua Koperasi kepada dirinya, selama ini belum ada sentuhan dari pihak Kelurahan.

"Tadi saya sudah berbincang, Insya Allah di masa kepemimpinan saya sekarang ini akan di bantu semaksimal mungkin untuk mengembangkan koperasi ini," kata Ruli.

"Saya rasa koperasi ini patut kita apresiasi, karena itu tadi sudah kita bahas bersama Ketua terkait langkah atau inovasi kedepannya," tambahnya. (CB-003)