Sabtu, 08 Mei 2021

Sabtu, Mei 08, 2021
Pelatihan sertifikasi asesor untuk level manager (Head of Department) dan General Manager di Hotel Citradream, Kota Cirebon. Foto : IHGM

KESAMBI (CIREBON BRIBIN) - Agar dapat tetap aktif, semangat dan positif menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1441 H, PHRI DPC Kota Cirebon dan IHGMA DPC Cirebon bekerjasama secara aktif dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi melalui LSP Rajawali Hospitality Nusantara menyelenggarakan kegiatan sertifikasi asesor untuk level manager (Head of Department) dan General Manager.

Pelatihan tersebut diadakan guna memenuhi kebutuhan permintaan terhadap asesor kompetensi yang kian meningkat, khususnya di area Ciayumajakuning.

"Karena di dalam suatu proses sertifikasi, sebuah Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) akan membutuhkan banyak asesor guna mempercepat proses pengembangan sertifikasi tersebut," kata Ketua PHRI DPC Kota Cirebon, Imam Reza Hakiki.

Asesor itu sendiri adalah orang yang berhak melakukan asesmen terhadap suatu kompetensi teknis, sesuai dengan ruang lingkup asesmennya. Selama kegiatan pelatihan asesor kompetensi, para manager (Head of Department) dan General Manager diajarkan bagaimana alur pelaksanaan sertifikasi kompetensi. Mulai dari pembuatan materi uji, pelaksanaan uji, sampai evaluasi pelaksanaan uji.

Pelatihan ini diselenggarakan di Hotel Citradream Cirebon pada tanggal 29 April – 3 Mei 2021 lalu. Dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua BNSP, Miftahul Azis dan Ketua LSP Rajawali Hospitality Nusantara, Herlin Sulistyowati.

"Di tengah bulan Ramadhan ternyata rekan-rekan Manager dan General Manager di Kota Cirebon masih tetap semangat dan antusias untuk dapat mengikuti pelatihan asesor kompetensi ini. Dengan disiplin 5M, dengan pembatasan jumlah peserta dan penerapan aturan protokol kesehatan lainnya, diharapkan peserta lebih fokus dalam mengikuti pelatihan dan dinyatakan kompeten setelah mengikuti uji kompetensi sebagai asesor" ujar Endro Basuki selaku Ketua IHGMA DPC Cirebon dalam sambutannya.

Dibimbing oleh beberapa master asesor, salah satunya Dewi Eka Arini dan Darawanti Roesfian SE.Par., LCPC, serta dibantu oleh Fistin selaku peserta magang untuk asesor.

Kegiatan tersebut, dikuti oleh 20 orang peserta, yang terbagi kedalam beberapa materi kelompok seperti bidang Tata Kantor Depan (Front Office), Tata Graha (Housekeeping), Tata Saji (FB Service) dan Outlet Manager.

Di akhir acara, Herlin berpesan, semoga ilmu dan manfaat yg dihasilkan dari kegiatan ini dapat membantu meningkatkan kualitas SDM di bidang pariwisata khususnya di perhotelan.

"Tetap jaga kesehatan, mohon maaf lahir dan batin," tutupnya. (CB-003)