Selasa, Mei 04, 2021
Direktur Polairud Polda Jabar, Kombes Pol Widihandoko

KEJAKSAN (CIREBON BRIBIN) - Beberapa waktu yang lalu sempat ramai tersiar kabar bahwa terdapat warga Jakarta yang mudik menggunakan jalur laut ke Cirebon. Direktur Polairud Polda Jabar, Kombes Pol Widihandoko pun angkat bicara.

Kepada Cirebonbribin, Handoko menegaskan bahwa viralnya kabar mudik lewat jalur laut adalah tidak benar.

"Jadi itu adalah nelayan, warga Mundu (Cirebon) yang kerjanya mondar-mandir (mencari ikan) di perairan Jakarta," tegasnya, Senin (3/5).

Dia menjelaskan kapal-kapal yang sempat disangka membawa orang untuk mudik sebenarnya adalah kapal yang memang biasa dipergunakan para nelayan.

"Memang kapal itu yang membawa mereka (nelayan) dari Mundu ke Muara Angke (Jakarta)," jelasnya.

Sebelum beredarnya kabar tentang warga yang nekat mudik lewat jalur laut, Handoko mengatakan pihaknya pun jauh-jauh hari sudah melakukan berbagai upaya antisipasi.

Yakni dengan patroli rutin dan berkordinasi dengan aparat desa di wilayah pesisir Pantai Utara maupun Selatan Jawa Barat serta memberikan sosialisasi kepada para nelayan.

"Kita sosialisasikan tentang adanya larangan Mudik, dan mengimbau mereka untuk tidak mudik," katanya.

Dia menambahkan, personel yang berpatroli pun sudah diperintahkan agar bertindak tegas bila mana nanti ditemukan ada yang menyelundupkan diri untuk mudik melalui jalur laut.

"Akan kita tindak tegas, tentunya dengan manusia dan berkordinasi dengan satgas penanganan Covid-19 setempat," tambahnya. (CB-003)

0 comments:

Posting Komentar