Senin, Mei 31, 2021
Pelaksanaan vaksinasi tahap kedua bagi warga lanjut usia (Lansia) dan pelayan publik di RW 01 Kelurahan Kasepuhan, Kecamatan Lemahwungkuk di Baperkam setempat, Senin (31/5).

LEMAHWUNGKUK (CIREBON BRIBIN) - Partisipasi warga khususnya lansia di Kelurahan Kasepuhan terhadap program vaksinasi cukup kooperatif, komunikasi antara kader Pos Binaan Terpadu (Posbindu) Wijaya Kusuma dengan pihak puskesmas cukup baik. Hal ini dirasakan membantu sosialisasi terkait vaksinasi ini.

Hal tersebut seperti yang diungkapkan Penanggung Jawab Program Vaksinasi Puskesmas Kesunean, Yeti dalam pelaksanaan vaksinasi tahap kedua bagi warga lanjut usia (Lansia) dan pelayan publik di RW 01 Kelurahan Kasepuhan, Kecamatan Lemahwungkuk di Baperkam setempat, Senin (31/5).

“Kami berkoordinasi dengan kader untuk sasaran yang belum tersosialisasi, kader bahkan sampai menjemput warga,” ungkapnya.

Yeti menyampaikan, warga juga ada yang berinisiatif datang ke puskesmas terdekat untuk menjalani vaksinasi. “Terkait tunda vaksin, ada beberapa orang, karena punya penyakit penyerta (komorbid) dan tensinya tinggi di atas 180, itu dosis pertama, tapi kami lanjutkan di dosis kedua hari ini,” ucapnya.

Menurut Yeti, efek samping dari vaksinasi ini tidak ada, selain mengantuk dan pegal-pegal di bagian tubuh yang disuntik. “Itu yang dialami warga lansia setelah divaksin, kebanyakannya lemas dan mengantuk saja, itu wajar,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Posbindu Wijaya Kusuma Kelurahan Kasepuhan, Nurlaeli mengungkapkan, pengurus DKM, RT, dan RW kelurahan setempat menjalani vaksinasi Covid-19, dan khususnya warga lansia. “Tidak ada kendala berarti, alhamdulillah partisipasi cukup baik, kami terus memberikan pemahaman dan sosialisasi terkait vaksinasi ini,” ungkapnya.

Dijelaskan Nurlaeli, cara pihaknya melakukan sosialisasi kepada warga yang menjadi sasaran vaksinasi tidak melalui tatap muka atau mengumpulkan warga di satu tempat, pasalnya sebagai bentuk upaya menghindari kerumunan. “Caranya kami sosialisasi melalui media tulisan, kami juga melakukan kunjungan door to door ke rumah-rumah warga lansia, menyampaikan bahwa vaksin itu aman,” ujarnya.

Yeti berharap, vaksinasi di Kelurahan Kasepuhan ini terus berjalan baik dan lancar. “Memang vaksin ini tidak seratus persen mencegah penularan virus corona, tetapi setidaknya dengan divaksin ini dapat melindungi diri kita, mudah-mudahan pandemi segera selesai dan kehidupan kembali normal,” ungkap Yeti.

Berdasarkan data yang diterima dari PKM Kesunean, total sasaran yang divaksin hari ini ada 18 jiwa lansia dan 20 jiwa pelayanan publik, tidak ada yang tertunda. (CB-003)

0 comments:

Posting Komentar