Selasa, Mei 18, 2021
Tradisi Halal Bihalal Kesultanan Kanoman dimasa pandemi digelar dengan skala yang lebih kecil dibandingkan masa normal.

LEMAHWUNGKUK (CIREBONBRIBIN) - Kesultanan Kanoman menggelar tradisi Halal Bihalal dalam rangka peringatan Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Pelaksanaan tradisi in dilakukan Di Bangsal Jinem, Keraton Kanoman dengan tetap menerapkan protocol kesehatan.

Hal tersebut seperti Yang diungkapkan Patih Keraton Kanoman, Pangeran Patih Raja Muhammad Qadiran usai acara, Selasa (18/5).

"Kami mencoba tetap menjaga tradisi dengan tetap mematuhi aturan Pemerintah," ungkapnya.

Qadiran menjelaskan, pelaksanaan tradisi ini merupakan titah dari Sultan Kanoman XII, Sultan Raja Muhammad Emirudin kepada dirinya.

"Sultan ingin bersilaturahmi, meminta maaf kepada keluarga dan warganya bilamana ada kekurangan dari beliau," jelasnya.

Keluarga Kesultanan Kanoman

Dalam kesempatan Kali ini, gelaran Halal Bihalal yang masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Pihak Kesultanan pun mencoba untuk tetap mematuhi protocol kesehatan dengan membatasi undangan untuk mencegah terjadinya kerumunan Yang besar.

Qadiran mengatakan, yang hadir dalam Halal Bihalal ini terdiri dari perwakilan keluarga, abdi dalem dan undangan lainnya yang berjumlah 100 orang. Jumlah tersebut menurutnya sudah dibatasi.

"Biasanya ada sekitar 1000 orang dan dilaksanakan dalam dua sesi," katanya.

Dia menambahkan, mewakili pihak Kesultanan Keraton, dirinya juga memohon maaf kepada seluruh warga masyarakat Cirebon.(CB-003)

0 comments:

Posting Komentar