Senin, April 26, 2021
Penumpang di Terminal Harjamukti Kota Cirebon bisa memanfaatkan fasilitas tes GeNose tanpa dibebankan biaya alias gratis.

HARJAMUKTI (CIREBON BRIBIN) - Terminal Tipe A Harjamukti menyediakan tes GeNose C19 secara gratis untuk calon penumpang bus. Khusunya penumpang yang berangkat dari Cirebon.

Menurut penuturan dari Didi Karyadi, Koordinator Lapangan Terminal Harjamukti, pemberlakukan tes GeNose ini telah berjalan hampir sepekan sebelum Ramadan.

Adapun semua perangkat tes ini disediakan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Jadi ini gratis untuk calon penumpang bus," ujar Didi Karyadi, saat diwawancarai pada Senin (26/4).

Untuk sosialisasinya sendiri, lanjut Didi, dari pihaknya memberikan pengumuman lewat pengeras suara yang ada di terminal bahwa telah disediakan tes GeNose gratis bagi para penumpang. 

"Kita sistemnya jemput bola, karena mungkin mereka masih mengira kalau tes ini berbayar," tuturnya.

Didi berharap dengan adanya tes GeNose ini dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan bagi penumpang saat melakukan perjalanan dengan bus. Terlebih metode tes GeNose ini relatif cepat.

"Asalkan 30 menit sebelum tes jangan makan, minum sama ngerokok karena kan yang diambil sampel udara yang ditiup ke kantong gitu, untuk hasilnya ini cukup 5-10 menit sudah ada," katanya. 

Didi menambahkan, bila ditemukan hasil tes positif pada calon penumpang yang menggunakan GeNose C19, maka akan dilakukan penanganan diruang isolasi sementara oleh petugas kesehatan.

"Kalau ada yang positif, nanti kita isolasi dulu dan langsung hubungi dari dinas kesehatan," pungkasnya. (CB-004)

0 comments:

Posting Komentar