Jumat, April 23, 2021
Poco X3 Pro. Foto : Xiaomi

CIREBON (CIREBON BRIBIN) - Xiaomi hari ini melakukan penjualan perdana smartphone terbarunya Poco X3 Pro yang dilakukan secara online di beberapa market place ternama. Yang menarik, Poco X3 Pro dibandrol dengan harga mulai dari Rp 3,4 juta namun mengunakan prosesor Snapdragon seri 860.

Seperti diketahui, seri 8 merujuk pada kelas atau kasta tertinggi dari Snapdragon yang biasanya digunakan untuk smartphone flagship dan menjanjikan performa yang sangat kencang.

Bila melihat desainnya, Poco X3 Pro ini memiliki bentuk fisik yang sama persis dengan pendahulunya yakni Poco X3 NFC. Baik dimensi maupun penempatan kamera depan belakang maupun tombol fisik, tidak nampak perbedaannya.

Namun, bila dibedah lebih lanjut maka akan terlihat ada peningkatan performa pada Poco X3 Pro dibandingkan pendahulunya. Walaupun ada juga beberapa pengurangan.

Peningkatan yang berarti terlihat dari prosesor yang digunakan, dimana Poco X3 Pro menggunakan Snapdragon 860 dan Poco X3 NFC menggunakan seri 732G. Performa keduanya juga akan jauh berbeda karena Poco 3 Pro sudah menggunakan UFS 3.1, dimana pendahulunya menggunakan UFS 2.1.

Besaran penyimpanan internal pada Poco X3 Pro, mendapatkan peningkatan dengan pilihan mulai 128 GB hingga 256 GB. Sementara pada Poco X3 NFC tersedia hanya 64 GB hingga 128 GB.

Baik Poco X3 Pro dan Poco X3 NFC, diketahui sama-sama menggunakan layar berukuran 6,7 inchi. Namun yang membedakan adalah adanya peningkatan perlindungan layar pada Poco X3 Pro yang sudah menggunakan Gorila Glass 6.

Namun, selain ada beberapa peningkatan, ada beberapa bagian yang justru jauh lebih unggul pada seri Poco X3 NFX dibandingkan Poco X3 Pro.

Hal ini terlihat jelas pada sisi kamera, dimana Poco X3 NFC sebelumnya menggunakan sensor sebesar 64 MP untuk kamera utama dan lensa ultra wide sebesar 13 MP. Pada seri Poco X3 Pro, sensor kamera utama yang digunakan hanya sebesar 48 MP dan kamera ultra wide hanya sebesar 8 MP.

Selain beberapa hal diatas, bila kita melihat secara keseluruhan Poco X3 Pro dan Poco X3 NFC menggunakan spesifikasi yang sama persis.

Bila melihat harga Poco X3 NFC yang ditawarkan mulai Rp 3,049 juta dan Poco X3 Pro di harga mulai Rp 3,49 juta. Kira-kira mana yang akan menjadi pilihan sobat bribin?. (CB-003)

0 comments:

Posting Komentar