Rabu, April 28, 2021

Keberadaan FKDM dikatakan Bupati Cirebon, Imron Rosyadi membantu pemerintah daerah dalam hal kewaspadaan secara dini di masyarakat.

KEJAKSAN (CIREBON BRIBIN) - Bupati Cirebon, Imron Rosyadi menerima Pengurus Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Cirebon di Pendopo Bupati Jalan Kartini Kota Cirebon, Rabu (28/4).

Menurut bupati, dengan adanya FKDM ini, pihaknya sangat terimakasih karena sudah membantu pemerintah daerah dalam hal kewaspadaan secara dini di masyarakat.

Imron mengatakan, negara Indonesia ini adalah negara yang berlandaskan Pancasila. Bahkan, negara Indonesia ini berada di tengah-tengah tidak ke kiri-kirian dan tidak ke tengah-tengahan.

"Jadi negara kita mempunyai ciri khas sendiri. Tetapi kita tetap perlu adanya kewaspadaan dini di masyarakat. Karena sekarang banyak sekali anak muda yang mudah dibujuk rayuan maupun didoktrin yang bersifat radikalisme untuk mengacaukan kesatuam negara," katanya.

Ia pun berharap, dengan adanya FKDM ini bisa membawa masyarakat Kabupaten Cirebon ke arah yang lebih baik lagi.

"Semoga FKDM ini bisa membawa Cirebon yang toleran, demokratis, ekonomi bisa maju dan nilai keagamaan kemasyarakatannya juga bagus. Karena peran agama masing-masing sangat penting untuk selalu hadir di masyarakat," kata Imron.

Sementara itu, Ketua FKDM Kabupaten Cirebon, Dadang mengatakan, FKDM sendiri sudah terbentuk dari tahun 2016 yang lalu. Bahkan, sudah hampir enam tahun kepengurusan FKDM di Kabupaten Cirebon ini. 

"Kami dari FKDM tetap di bawah bimbingan dari Kesbangpol Kabupaten Cirebon. Kami dibentuk untuk membantu pemerintah daerah dalam menjaga kondusivitas daerah dengan melakukan kegiatan deteksi dini serta melakukan kewaspadaan dan cegah dini," katanya. 

Dadang juga menjelaskan, selain deteksi dini di masyarakat, pihaknya selalu melakukan rapat koordonasi dengan pihak terkait. 

"Tugas kami juga meliputi bencana alam serta lapor cepat tentang potensi yang terjadinya konflik di masyarakat serta melakukan sosialisasi FKDM dari tingkat kecamatan sampai kelurahan maupun desa," katanya. 

Ia juga menjelaskan, kepengurusan FKDM Kabupaten Cirebon terkendala dengan personel. Bahkan, pihaknya menginginkan adanya bantuan dari Pemkab Cirebon supaya bisa mewujudkan FKDM sampai tingkat paling bawah. 

"Personel FKDM Kabupaten Cirebon hanya tujuh orang. Ini sangat kurang mengingat wilayah Kabupaten Cirebon yang sangat luas. Sehingga diharapkan ke depan setiap desa dan kecamatan ada anggota FKDM demi keamanan masyarakat," kata Dadang. (CB-004)

0 comments:

Posting Komentar