Jumat, 19 Februari 2021

Jumat, Februari 19, 2021
UGJ meraih dua anugerah untuk kategori perguruan tinggi yang terbanyak melahirkan professor di tahun 2020, dan sebagai perguruan tinggi yang menunjukkan kinerja penelitian yang sangat baik. Foto : UGJ.

KEDAWUNG (CIREBON BRIBIN) - Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) menyabet dua anugerah dalam acara pemberian anugerah Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV Jabar dan Banten pada tanggal 17 Februari 2021 di Hotel ASTON Cirebon. Acara ini diselenggarakan untuk memberikan apresiasi dan penghargaan bagi perguruan tinggi di Jabar-Banten yang mencapai prestasi dengan berbagai kategori.

Dua anugerah yang diraih UGJ yakni untuk kategori perguruan tinggi yang terbanyak melahirkan professor di tahun 2020, dan sebagai perguruan tinggi yang menunjukkan kinerja penelitian yang sangat baik, dimana dari klaster binaan naik dua kali tingkat menjadi klaster utama.

Prestasi ini tentu saja ditorehkan oleh karena kinerja kerjasama dan kerja bersama dari seluruh komponen di UGJ, baik dari unsur pimpinan, para dosen, tenaga kependidikan dan seluruh staf yang ada di UGJ. Demikian juga prestasi ini tentu tidak akan dapat diraih kalau tanpa dukungan, support dan arahan, serta fasilitasi yang sangat luar biasa dari Yayasan Pendidikan Swadaya Gunung Jati (YPSGJ).

Ditemui usai acara pemberian anugerah sebagai tamu kehormatan, Ketua Yayasan PSGJ Dadang Sukandar Kasidin mengatakan bahwa Yayasan terus memiliki komitmen yang sangat kuat untuk mendorong dan memajukan UGJ dengan memberikan fasilitasi, dukungan baik moril maupun materil.

"UGJ selama ini telah memperoleh kemajuan-kemajuan dan prestasi-prestasi yang sangat baik tentu diantaranya adalah karena dukungan dari Yayasan.
Sinergitas YPSGJ dan UGJ tentu sangat dibutuhkan untuk dapat melaju mencapai prestasi-prestasi, melaju mencapai tujuan-tujuan penyelenggaraan Pendidikan tinggi di UGJ yang pada ujungnya mengantarkan para mahasiswa untuk lulus menjadi sarjana dan megister dan kemudian mereka dapat mencapai cita-cita yang diinginkan," katanya.

Sementara itu, Rektor UGJ, Prof. Dr. Drs. H. Mukarto Siswoyo, M.Si. mengatakan bahwa UGJ terus berkomitmen untuk dapat memberikan layanan terbaik dapat memberikan keyakinan dan kepercayaan dari publik, bahwa layanan Pendidikan di UGJ patut untuk dijadikan sebagai alternatif utama para orang tua untuk mengkuliahkan anak-anaknya di UGJ, penerimaan mahasiswa baru yang melebihi daya tampung setiap tahunnya.

Peningkatan peringkat perguruan tinggi dari peringkat 119 yang akan terus naik dan semakin mendekati menjadi perguruan terbaik 100 besar versi Kemendikbud.

"Akreditasi perguruan tinggi yang terus ditingkatkan dari B menjadi perguruan tinggi yang unggul, dan akreditasi program studi yang sudah ada 10 prodi terakreditasi A dari 22 Prodi yang ada," kata Mukarto.

Sumber daya manusia yang terus ditingkatkan, fasilitas sarana dan prasarana yang terus ditingkatkan, serta layanan-layan lain yang terus ditingkatkan adalah karena UGJ ingin terus memantapkan diri menjadi perguruan tinggi berkelas nasional dan internasional. Pengabdian nyata UGJ kepada masyarakat dan pemerintah, dengan dijadikannya laboratorium Fakultas Kedokteran sebagai laboratorium pemeriksaan spesimen swab covid-19.

Langkah-langkah yang diambil secara strategis dan sistematis saat ini dan kedepan menunjukkan bahwa UGJ terus memastikan diri untuk berada pada jajaran perguruan tinggi favorit di Indonesia, dan dikenal luas di manca negara.

Komponen-komponen yang menjadi indikator kualitas sebuah perguruan tinggi diantaranya kinerja kelembagaan, kinerja penelitian dosen dan mahasiswa kinerja pengabdian kepada masyarakat, kinerja inovasi, kinerja kemahasiswaan, sumber daya manusia dan lain-lain terus untuk dilakukan peningkatan-peningkatan secara pasti.

"Dengan itu UGJ yakin dapat melangkah ke arah yang lebih baik sesuai dengan visinya menjadi perguruan tinggi riset unggulan berbasis kearifan lokal di tahun 2034 tentu capaian untuk mencapai visi tersebut diperlukan sinergitas, kerjasama yang baik diantara semua komponen," tutupnya.(CB-003)

0 komentar:

Posting Komentar