Senin, 15 Februari 2021

Senin, Februari 15, 2021
Aneka fashion bekas di Pasar Talang bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp 5 ribu.

LEMAHWUNGKUK (CIREBON BRIBIN) - Fenomena membeli barang bekas yang dijual di pasar kini sedang di gandrungi terutama melalui penjualan online. Disamping dapat mengurangi limbah pakaian, membeli barang bekas juga menjadi alternatif untuk masyarakat yang ingin bergaya dengan low budget.

Jika Bandung menjadi kota yang disebut-sebut sebagai surganya barang bekas, di Cirebon ada Pasar Talang. Pasar ini terletak di belakang Gedung BAT yang tepatnya berada di Jalan Talang, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

Banyak penjual barang bekas disini yang sudah mulai berjualan sejak lama. Seperti Ida Rosida yang sudah berjualan sejak tahun 1997.

"Ibu dari tahun 1997. Awalnya pindah-pindah, di Kanoman, di BAT. Ngampar aja. Terus pindah kesini mulai tahun 2002," ujar Ida.

Disini banyak menjual barang-barang bekas mulai dari pakaian, sepatu, bahkan koper. Harganya pun relatif. Mulai dari harga Rp. 5 25 ribu untuk kaos, dan Rp 10 - 35 ribu untuk gamis.

"Harganya relatif, Nok. Dipilih yang masih bagus dijual satuan. Soalnya jual borongan juga, sekeresek gitu," Kata Yuyun, salah satu penjual baju dan koper bekas yang sudah berjualan sedari kecil.

Dari hasil berjualan barang bekas ini, perhari Yuyun bisa mendapatkan omset Rp 200 ribu selama pandemi dan bisa mencapai Rp 700 ribu saat sebelum pandemi.

Menurutnya, pandemi Covid-19 sangat mempengaruhi pendapatannya, karena orang-orang takut tertular virus dari barang bekas.

"Selama Corona, jadi jauh banget dapetnya. Sekarang pemborong-pemborong dari luar kota ngga ada yang kesini lagi," pungkas Yuyun.(Ismaya Indah-Magang)

0 komentar:

Posting Komentar