Jumat, Februari 05, 2021
Manajer Humas Daop 3 Cirebon, Suprapto mengatakan, salah satu manfaat yang dapat dirasakan pelanggan pada Gapeka 2021 adalah efisiensi waktu perjalanan KA.

KEJAKSAN (CIREBON BRIBIN) - Mulai tanggal 10 Februari 2021, waktu perjalanan kereta api akan semakin singkat dan sebagian KA mengalami perubahan jadwal keberangkatan. Hal ini dikarenakan KAI Daop 3 Cirebon mulai memberlakukan Grafik Perjalanan KA (Gapeka) 2021 yang telah ditetapkan melalui Surat Keputusan Menteri Perhubungan No KP 1385 Tahun 2020 tentang Penetapan Grafik Perjalanan Kereta Api Tahun 2021 dan KP 1362 Tahun 2020 tentang Penetapan Lintas Pelayanan Perkeretaapian pada Grafik Perjalanan Kereta Api Tahun 2021.

“Penetapan Gapeka 2021 ini untuk menggantikan Gapeka 2019 yang sebelumnya digunakan oleh KAI Daop 3 Cirebon. Penerapan Gapeka baru ini akan mulai diberlakukan pada tanggal 10 Februari 2021,” ujar Manager Humas Daop 3 Cirebon, Suprapto, Jumat (5/2).

Grafik Perjalanan Kereta Api atau Gapeka adalah pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api yang digambarkan dalam bentuk garis yang menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan kereta api mulai dari berangkat, berhenti, datang, bersilang, dan penyusulan, yang digambarkan secara grafis untuk pengendalian perjalanan kereta api.

Salah satu manfaat yang dapat dirasakan pelanggan pada Gapeka 2021 adalah efisiensi waktu perjalanan KA.

"Dengan pemberlakuan Gapeka 2021 ini, maka waktu tempuh perjalanan KA penumpang dan barang menjadi lebih singkat," ujar Suprapto.

Contohnya adalah KA Argo Cirebon / KA 15 relasi Cirebon - Gambir yang perjalanannya lebih singkat 5 menit, dari sebelumnya 3 jam 19 menit menjadi 3 jam 14 menit.

Terdapat berbagai faktor yang melatarbelakangi perubahan Gapeka dari 2019 ke 2021. Pertama adanya jalur ganda yang dibangun oleh Kementerian Perhubungan seperti di lintas Tambak - Kebumen - Butuh dan Jombang - Mojokerto yang sudah beroperasi. Kedua, terdapat peningkatan angka puncak kecepatan di berbagai lintas. Untuk di wilayah Daop 3 Cirebon diantaranya jalur rel antara Cikampek - Pegadenbaru dari 100 km/jam menjadi 105 km/jam.
Serta jalur rel antara Cirebon Prujakan - Songgom dari 100 km/jam menjadi 105 km/jam.

“Dengan adanya perbaikan-perbaikan tersebut, maka perjalanan KA Penumpang dan KA Barang yang dapat diakomodir KAI mengalami peningkatan,” kata Suprapto.

Suprapto mengatakan bahwa kini masyarakat sudah dapat memesan tiket untuk keberangkatan 10 Februari 2021 dan seterusnya di aplikasi KAI Access, situs kai.id, dan chanel pembelian online lainnya.

Pastikan kembali jadwal perjalanan Anda karena terdapat perubahan jadwal keberangkatan KA pada Gapeka 2021. Misalnya KA 15/ KA Argo Cheribon relasi Stasiun Cirebon menuju Stasiun Gambir yang semula berangkat dari Stasiun Cirebon pukul 06:15 WIB, mulai 10 Februari berubah keberangkatannya menjadi pukul 06:00 WIB atau lebih awal 15 menit.

“Kami mengimbau kepada calon pelanggan kereta api dengan keberangkatan 10 Februari 2021 dan seterusnya untuk memperhatikan kembali jadwal yang tertera pada tiket. Tujuannya agar pelanggan tidak tertinggal kereta karena sudah diberlakukannya Gapeka 2021,” kata Suprapto.

Pada masa transisi, seluruh jajaran internal sudah siap akan perubahan ini dengan menyiapkan peralihan pada 9 Februari serta posko di berbagai unit kerja. Tujuannya agar seluruh aspek seperti layanan tiket dan operasional kereta api berjalan lancar, selamat, aman, dan terkendali. 

“Kami berharap dengan pemberlakuan Gapeka 2021 ini, pelanggan kereta api akan semakin meningkat karena banyak dilakukan inovasi, peningkatan serta perbaikan, seperti waktu perjalanan yang semakin singkat, penambahan lintas baru, dan lainnya,” tutup Suprapto.(CB-003)

0 comments:

Posting Komentar