Kamis, 21 Januari 2021

Kamis, Januari 21, 2021
Bupati Cirebon, Imron Rosyadi saat mengunjungi lokasi banjir di Kecamatan Suranenggala.

SUMBER (CIREBON BRIBIN) - Bupati Cirebon, Imron Rosyadi mengatakan akan mengirimkan surat kepada Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) untuk meminta dilakukan pengerukan sungai yang ada du wilayah Kabupaten Cirebon. Penyempitan dan pendangkalan sungai diyakini Imron sebagai salah satu faktor penyebab banjir, seperti yang terjadi di Kecamatan Suranenggala.

"Kami akan mengirimkan surat ke kementerian dan berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS), untuk bisa segera mengeruk sungai yang ada di Kabupaten Cirebon," kata Imron.

Dia menyebutkan, ada sebanyak 25 sungai di Kabupaten Cirebon, yang berada dalam tanggungjawab BBWS. Sehingga dirinya berharap, adanya pengerukan sungai yang mengalami pendangkalan, untuk mencegah musibah banjir kembali terjadi.

Imron juga menambahkan, selain penyebab tadi, banjir di Desa Suranenggala Kulon juga, diakibatkan adanya air rob dari laut. Hal tersebut membuat aliran sungai menjadi tertahan. 

"Apalagi, intensitas hujan yang sangat tinggi," kata Imron. 

Ia juga meminta kepada masyarakat, untuk bisa menjaga sungai, terutama tidak membuat bangunan di sempadan sungai. Karena hal tersebut ujar Imron, membuat sungai menjadi sempit. 

"Karena sempit, akhirnya aliran sungai tidak lancar," pungkasnya.(CB-003)

0 komentar:

Posting Komentar