Senin, Januari 18, 2021
Donor plasma darah dipergunakan untuk pengobatan pasien covid - 19.

SUMBER (CIREBON BRIBIN) - Bupati Cirebon Imron Rosyadi melakukan donor plasma darah di Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cirebon. Dalam kesempatan tersebut, Imron mendonorkan sebanyak 625 Cc plasma darah.

Imron mengatakan, dirinya melakukan donor plasma darah, karena kebutuhan plasma darah yang cukup banyak. Apalagi, plasma darah ini, menjadi salah satu obat yang paling efektif dalam pengobatan covid - 19.

"Keberhasilannya mencapai 100 persen," ujar Imron, Senin (18/1).

Menurut Imron, donor plasma sama saja seperti melakukan donor darah. Sakitnya, hanya terasa saat jarum baru dimasukkan saja. Namun perbedaannya, terjadi pada proses pengolahan darahnya.

Jika pada donor darah, darah yang diambil langsung dimasukkan dalam kantung darah. Namun pada donor plasma, darah yang diambil, langsung dimasukkan dalam mesin dan darahnya dikembalikan langsung ketubuh pendonor.

"Yang diambil hanya plasmanya saja," ujar Imron.

Imron menghabiskan waktu sekitar 1,2 jam, untuk menyelesaikan donor plasma. Ia berhasil mengumpulkan sebanyak 625 Cc plasma darah, yang nantinya digunakan untuk penyembuhan pasien covid - 19 dalam kategori berat.

Ia juga meyampaikan, bahwa jumlah plasma yang dihasilkan oleh masing-masing pendonor, berbeda. Tergantung dari kondisi kesehatan pendonor.

"Kata doketernya, ada yang hanya menghasilkan 300 cc, 400 cc dan lainnya. Tegantung kondisi pendonor. Alhamdulillah, saya bisa mendonorkan sebanyak 625 cc," kata Imron.

Ia berharap, plasma darah hasil donornya, bisa memberikan manfaat dan membantu pasien covid - 19 yang sedang membutuhkannya.

Imron menjadi pendonor plasma darah, karena dirinya juga merupakan bagian dari penyintas covid - 19. Imron dinyatakan positif covid - 19 pada 2 Desember 2020. Ia melakukan isolasi mandiri selama 14 hari, hingga akhirnya dinyatakan negatif.(CB-003)

0 comments:

Posting Komentar