Jumat, 15 Januari 2021

Jumat, Januari 15, 2021
Pelatihan pemadaman kebakaran (Fire Drill) ASTON Cirebon and Convention Center untuk melatih kesiapsiagaan karyawan dan peralatan, Jumat (15/1).

KEDAWUNG (CIREBON BRIBIN) - Tidak ada yang pernah tahu pasti kapan bencana dapat terjadi, namun tentunya bila langkah antisipasi sudah dilakukan minimalnya kerugian akibat bencana tersebut dapat ditekan.

Karenanya, ASTON Cirebon Hotel and Convention Center dalam rangka mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan seperti bencana kebakaran misalnya, menggelar Fire Drill atau latihan pemadam kebakaran.

"Mengikuti standar prosedur yang berlaku di ASTON Cirebon Hotel & Convention Center, kali ini kami mengadakan simulasi Fire Drill untuk pertama kalinya di tahun 2021," Ungkap Asst Director of Sales ASTON Cirebon, Diana Puspita Sari, Jumat (15/1).

Diana menjelaskan, pelatihan ini sebelumnya merupakan agenda rutin yang dilakukan oleh seluruh karyawan dua kali dalam setahun.

Pelatihan Fire Drill dilakukan dalam dua hari mulai Kamis hingga Jumat, 14-15 Januari 2021.

Kegiatan ini di lakukan dalam dua sesi, sesi pertama berlangsung pada hari Kamis 14 januari 2021 dan sesi kedua dilakukan pada hari Jum'at 15 Januari 2021 agar operasional tetap berjalan dengan lancar dan seluruh staff dapat menerima dan mempraktekan materi simulasi yg ada.

Simulasi ini dimulai dari aktifitas harian yang dilakukan oleh seluruh karyawan yang berada di lingkungan hotel baik di luar maupun di dalam ruangan, lalu menyalakan alarm tanda terjadi kebakaran, kemudian masing - masing akan menjalankan peran dan tanggung jawabnya dan berkumpul di Assembly Point yang berada di parkir area Ballroom.

"Proses evakuasi dan pemadaman api dilakukan oleh team ERT (Emergency Response Team) ASTON Cirebon Hotel & Convention Center yang sudah dibentuk sebelumnya," jelasnya.

Dia mengatakan, pelatihan ini selain untuk mengasah respon tim, peran serta tanggung jawab setiap karyawan apabila terjadi kebakaran di lingkungan hotel, juga sekaligus melakukan pengecekan dan perawatan alat pemadam kebakaran agar berjalan sesuai fungsinya.

"Kesimpulannya, dari pelatihan ini karyawan responsif dengan peran dan tanggung jawab masing2, fire alarm berfungsi dengan baik, hydrant dan APAR juga berfungsi dengan baik,"tutupnya.(CB-003)

0 komentar:

Posting Komentar