Jumat, 04 Desember 2020

Jumat, Desember 04, 2020

Petugas selalu melakukan pemeriksaan KA sebelum diberangkatkan untuk memastikan keselamatan penumpang.

KEJAKSAN (CIREBON BRIBIN) - Liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020/2021 akan datang dalam beberapa minggu ke depan.

Untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin bepergian menggunakan transportasi kereta api pada masa tersebut, PT KAI Daop 3 Cirebon kembali menyiagakan seluruh sarana, prasarana, dan SDM yang dimiliki untuk melayani masyarakat secara maksimal dengan tetap menitik beratkan pada penerapan protokol kesehatan bagi penumpang dan petugas serta faktor keselamatan, keamanan dan kelancaran perjalanan Kereta Api.


"PT KAI menetapkan masa posko angkutan nataru 2020/2021 mulai tanggal 18 Desember 2020 s.d 6 Januari 2021 atau selama 20 hari," ungkap Manajer Humas Daop 3 Cirebon Luqman Arif, Jumat (4/12).


Dia menyebutkan, setiap harinya rata – rata ada 74 perjalanan KA penumpang jarak jauh yang melintas di Daop 3 selama masa itu.


Tiket KA pada masa Nataru 2020/2021 dapat dipesan melalui online, seperti aplikasi KAI Access, situs kai.id, dan lainnya.


Mengantisipasi datangnya musim hujan yang bertepatan dengan masa Angkutan Natal dan tahun baru, PT KAI Daop 3 menugaskan 50 petugas pemeriksa jalur (PPJ) ekstra, dan 14 petugas penjaga daerah rawan ekstra yang akan disiagakan untuk mengamankan perjalanan KA di sepanjang lintas Daop 3 Cirebon.


"Daop 3 Cirebon juga menyiapkan Alat Material Untuk Siaga (AMUS) berupa batu balas/kricak, bantalan rel, pasir, dan sebagainya yang ditempatkan di 9 titik mulai dari Stasiun Pabuaran, Pegadenbaru, Telagasari, Jatibarang, Cirebon, Cirebon Prujakan, Luwung, Sindanglaut, Ciledug," ungkap Luqman.


Dalam hal perlintasan sebidang, PT KAI dengan tegas mengimbau kepada seluruh masyarakat pengguna jalan untuk tetap mematuhi rambu-rambu di pelintasan sebidang. UU No 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian dan UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) yang menyebutkan bahwa perjalanan KA mendapat prioritas di jalur yang bersinggungan dengan jalan raya.


"Kami juga telah berkoordinasi dengan Kewilayahan di wilayah Daop 3 guna membantu kelancaran perjalanan KA di perlintasan sebidang karena volume pengguna jalan pasti akan meningkaat saat libur nanti," jelasnya.


Dari aspek sarana pada masa angkutan Natal dan tahun baru kali ini PT KAI Daop 3 Cirebon menyiapkan 12 unit lokomotif, 92 armada kereta, serta 1 unit crane. Semua sarana ini dalam kondisi siap operasi guna mendukung kelancaran perjalanan KA.


Pelayanan kesehatan juga menjadi perhatian Daop 3, sebanyak 5 Pos kesehatan disiapkan di 5 Stasiun, Yaitu Stasiun Cirebon, Cirebon Prujakan, Arjawinangun, Jatibarang dan Stasiun Brebes dengan 1 paramedis dan dokter on call selama 24 jam.


"Untuk pelayanan tes Rapid, disediakan di Stasiun Cirebon dan Cirebon Prujakan mulai jam 08.00 sampai 18.00 WIB," katanya.


Terakhir Luqman mengungkapkan PT KAI mengingatkan kepada seluruh calon penumpang KA untuk memastikan kembali jadwal perjalanan KA yang akan dipesan.


“Pemesanan tiket sudah kami buka bagi masyarakat yang hendak bepergian pada periode libur Natal dan Tahun Baru, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara disiplin,” tutupnya.(CB-003)

0 komentar:

Posting Komentar