Stok Darah Meninipis, PMI Ajak Masyarakat Donor Darah - CIREBON BRIBIN

Post Top Ad

Your Ad Spot

HEADLINE

Senin, 16 November 2020

Stok Darah Meninipis, PMI Ajak Masyarakat Donor Darah


Kasi Pengambilan Darah, UTD PMI Kota Cirebon

KEJAKSAN (CIREBON BRIBIN) - Pandemi Covid-19 memberikan dampak pada ketersediaan darah di UTD PMI Kota Cirebon.

Kasi Pengambilan Darah UTD PMI Kota Cirebon, Hidayat mengatakan saat ini pihaknya tengah kekurangan stok atau persediaan darah.

Sejak pandemi, stok darah mengalami penurunan hingga sebanyak 50 persen.

"Bisa dikatakan kosong untuk persediaan darah di kami," katanya saat ditemui cirebonbribin.com usai kegiatan Bakti Kesehatan Donor Darah di Mako Ditpolairud Polda Jabar, Senin (16/11).

Dia menjelaskan saat kondisi pandemi Covid-19 animo pendonor mandiri atau yang datang langsung ke UTD PMI Kota Cirebon berkurang drastis.

"Mungkin masyarakat masih khawatir," jelasnya.

Selain itu, kegiatan donor darah mobile yang bekerjasama dengan instansi atau komunitas juga berkurang. Yang bisanya bisa setiap hari, namun sekarang ini hanya ada 1-3 kalo dalam seminggu.

Dia menambahkan, pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar kembali mendonorkan darahnya. Bisa dengan datang langsung ke UTD PMI Kota Cirebon, maupun mengikuti kegiatan donor darah mobile.

"Jangan khawatir, karena donor darah di masa pandemi tetap aman. Karena kami pun pastinya akan mematuhi protokol kesehatan yang sudah diatur oleh Pemerintah," tambahnya.(CB-003)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot