Tak Banyak Yang Tahu, Cirebon Ternyata Punya Kuliner Sego Pecel - CIREBON BRIBIN

Post Top Ad

Your Ad Spot

HEADLINE

Sabtu, 03 Oktober 2020

Tak Banyak Yang Tahu, Cirebon Ternyata Punya Kuliner Sego Pecel


Sego pecel Cirebon, punya kemiripan rasa dengan sego pecel Madiun.

KEJAKSAN (CIREBON BRIBIN) - Berbicara soal kuliner Cirebon, tentu orang sudah tidak asing lagi bila mendengar empal gentong, mie koclok atau Nasi lengko. Namun, tahukah bahwa Cirebon juga memiliki sego pecel.

Salah satu tempat yang menjual sego pecel Cirebon bisa kita temukan di Jalan Veteran, Kota Cirebon, Sego Pecel 'Mbok Ijo namanya.

Meski terletak di tengah Kota Cirebon, namun warga Kota Cirebon sendiri jarang mengetahui bahwa tempat yang sudah berdiri sejak 12 tahun silam ini menjual pecel Cirebon.

Hal ini seperti yang di ungkapkan Mbok (Ibu) Desa, pemilik warung Sego Pecel 'Mbok Ijo kepada Cirebon bribin.

Menurutnya, banyak yang mengira bahwa warungnya tersebut menjual pecel dari daerah Jawa Timur atau Jawa Tengah.

"Gak banyak yang tahu, ya maklum karena Sego Pecel banyak dikenal berasal dari Madiun, Kediri, Solo atau Jogja," ungkapnya.

Dia menjelaskan, bahwa sego pecel Cirebon ini memiliki kemiripan dengan yang berasal dari daerah lain, khususnya dari Madiun.

"Hampir sama, komposisi sayurannya, maupun rasa bumbu kacangnya," jelasnya.

Hanya saja, ada satu jenis sayuran yang tidak di temukan pada sego pecel Cirebon, yakni lamtoro. Juga tambahan babat atau jeroan sapi yang menjadi ciri khas sego pecel Madiun.

"Perbedaan lain ada pada tekstur bumbu kacangnya, sego pecel Cirebon lebih halus," katanya lagi.

Berbicara soal rasanya, saat cirebonbribin mencicipi sego pecel ini memang nikmat, tidak kalah dengan sego pecel dari daerah Jawa Timur atau Jawa Tengah.

Bumbu kacangnya yang cukup kental dan tidak terlalu manis, berpadu apik dengan sayuran dan nasi hangat.

"Alhamdulilah untuk rasa banyak yang suka, pelanggan saya banyak yang berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Mereka mengaku cocok, dan selalu kembali lagi kesini. Tapi kalau orang Cirebon sendiri malah jarang ada yang tahu," ungkap Mbok Desa.

Dalam penyajiannya. sego pecel Cirebon ini akan dihidangkan dengan rempeyek dan kerupuk gendar di atas piring rotan yang dialasi daun pisang.

Harganya tergolong cukup terjangkau, warung yang buka mulai pukul 6 hingga pukul 14 ini, menjual satu porsi sego pecel dengan harga Rp 16 ribu.

Bagaimana, tertarik untuk mencicipi sego pecel Cirebon ini?.(CB-003)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot