Terus Putar Otak, Pemda Kota Cirebon Pastikan Program Penyediaan Pojok Baca Tak Berhenti - CIREBON BRIBIN

Post Top Ad

Your Ad Spot

HEADLINE

Kamis, 03 September 2020

Terus Putar Otak, Pemda Kota Cirebon Pastikan Program Penyediaan Pojok Baca Tak Berhenti


Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati mengatakan meski sempat tertunda karena pandemi covid-19, namun program penyediaan pojok baca dipastikan tidak akan berhenti. Salah satunya dengan menggandeng pihak-pihak terkait agar program untuk peningkatan minat baca masyarakat tersebut bisa terus bergulir.

HARJAMUKTI (CIREBON BRIBIN) - Penyediaan pojok baca di sejumlah RW di Kota Cirebon sebagai upaya untuk meningkatkan minat baca di Kota Cirebon masih terkendala mewabahnya Covid-19. 

Hal tersebut diungkapkan Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati di sela-sela penyerahan bantuan Kotak Literasi Cerdas (Kolecer) program Gubernur Jawa Barat di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusipda) Kota Cirebon, Kamis, 03 September 2020.

“Kita akui, target membuat pojok baca di setiap RW tertunda,” ungkap Eti.

Penundaan tersebut dikarenakan berlangsungnya pandemi Covid-19 yang hingga kini masih terjadi serta refocusing sejumlah anggaran hingga akhirnya pembuatan pojok baca di setiap RW tertunda.

Namun, Eti meyakinkan program tersebut tetap akan dilaksanakan yaitu bermitra dengan berbagai pihak terkait. 

“Target kita bermitra dengan teman-teman, salah satunya dengan komunitas gelemaca,” ungkap Eti.

Sehingga anak-anak tetap bisa membaca sekalipun saat ini tengah melakukan belajar di rumah sebagai dampak dari pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

Kolecer program Gubernur Jawa Barat diberikan untuk 2 RW di Kota Cirebon. Masing-masing RW 17 Kriyan Barat dan RW 12 Kuranji, Kelurahan/Kecamatan Harjamukti. Kepala Dispusipda Kota Cirebon, Drs. H. Jaja Sulaeman, M.Pd., berharap Kolecer ini nantinya bisa ditempatkan di wifi corner.

“Nanti koordinasi dengan DKIS, sehingga anak-anak semakin rajin kesana,” ungkap Jaja.

Namun tidak hanya rajin untuk melihat smartphone tapi juga rajin membaca dengan buku-buku yang sudah disiapkan.

Selain itu, Kolecer juga bisa disimpan di tempat-tempat khusus yang sudah diatur.

“sekali waktu mungkin bisa berpindah,” ungkapnya.

Jaja juga meminta agar buku yang ada silahkan dibaca dan dipelihara dengan baik sehingga bisa bermanfaat untuk anak-anak yang ada di lingkungan tersebut.

Sementara itu Iska, Ketua RW 12 Kuranji, Kelurahan/Kecamatan Harjamukti, mengaku berterima kasih dengan pemberian Kolecer ini. “Bisa menjadi pustaka keliling dan meningkatkan minat baca warga, khususnya anak-anak kita,” ungkap Iska.(CB-003)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot