Sub Direktorat Patroli Polairud Polda Jabar Gelar Apel Kesiapan SAR Tanggap Bencana - CIREBON BRIBIN

Post Top Ad

Your Ad Spot

HEADLINE

Selasa, 22 September 2020

Sub Direktorat Patroli Polairud Polda Jabar Gelar Apel Kesiapan SAR Tanggap Bencana


Kasubdit Patroli Ditpolairud Polda Jabar, AKBP Didit Eko Herawanto melakukan pengecekan peralatan khusus dalam apel kesiapan SAR tanggap bencana.

LEMAHWUNGKUK (CIREBON BRIBIN) - Sub Direktorat Patroli Ditpolair Polda Jabar menggelar apel kesiapan SAR tanggap bencana serta kesiapan personil dan alat khusus (Alsus) SAR, Selasa (22/9).

Kasubdit Patroli Ditpolairud Polda Jabar, AKBP Didit Eko Herawanto, memimpin jalannya apel yang berlangsung di halaman Subdit Patroli Ditpolairud Polda Jabar, Jalan Ambon, Pelabuhan Cirebon.

Dalam keterangannya, Didit menyampaikan bahwa apel tersebut digelar untuk mengetahui dan memastikan kesiapan seluruh personil dan peralatan penunjang.

"Agar sewaktu diperlukan, kita sudah siap dan bisa segera memberikan bantuan SAR," ungkapnya.

Dia menegaskan, kepada seluruh personil agar selalu waspada dan siap memberikan pertolongan saat dibutuhkan.

"Bisa dimanapun, di darat maupun di laut, karena kita tidak pernah tahu kapan dan dimana bencana terjadi," tegasnya.

Dalam apel tersebut, dilakukan juga pemeriksaan peralatan khusus yang di bekali teknologi canggih yang dimiliki Ditpolairud Polda Jabar.

Antara lain, U Save atau robot pelampung tanpa awak, drone water yang dibekali kamera untuk didalam air serta vibrascope, kamera bawah air dengan jangkauan yang lebih luas hingga kedalaman 100 meter.

"Vibrascope pernah kita terjunkan untuk membantu operasi SAR Lion Air di perairan Karawang tahun lalu," tambahnya.

Selain tiga peralatan tersebut, masih banyak jenis lainnya yang dimiliki Ditpolairud Polda Jabar yang siap dioperasikan sesuai dengan kondisi di lapangan.

Dia menuturkan, sejauh ini peralatan yang dimiliki sudah sesuai dengan kebutuhan.

"Secara keseluruhan personil dan peralatan sudah siap, namun kami berharap agar tidak perlu terjadi bencana yang membuat masyarakat kesulitan," tutupnya.(CB-003)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot