Gubernur Jabar Dukung Kabupaten Cirebon Gunakan Terapi Plasma Untuk Pasien Covid-19 - CIREBON BRIBIN

Post Top Ad

Your Ad Spot

HEADLINE

Senin, 21 September 2020

Gubernur Jabar Dukung Kabupaten Cirebon Gunakan Terapi Plasma Untuk Pasien Covid-19


Gubernur Jawa Barat, Ridwa Kamil mengatakan terapi plasma merupakan salah satu cara pengobatan pasien Covid-19 yang sudah terbukti dan teruji. Foto : Humas Pemkab Cirebon

SUMBER (CIREBON BRIBIN) - Penggunaan terapi plasma untuk pengobatan pasien Covid-19 di Kabupaten Cirebon mendapatkan dukungan dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Emil menuturkan, bahwa penggunaan terapi plasma dalam pengobatan covid 19, banyak menunjukkan keberhasilan.

"Dalam pengobatan covid-19 memang banyak cara yang bisa digunakan. Salah satu yang terbukti dan teruji, adalah pengobatan dengan menggunakan terapi plasma darah," tuturnya, Minggu (20/9).

Dia mengungkapkan, dirinya juga pernah menyaksikan sendiri, para penyintas dari anggota TNI yang banyak mendonorkan plasmanya, untuk kesembuhan yang lainnya.

Ia juga mengimbau kepada penyintas covid 19 di Kabupaten Cirebon, untuk bisa mendukung langkah yang sedang dilakukan oleh pemerintah daerah, dengan cara ikut menyumbangkan plasma darahnya. Hal tersebut sangat penting untuk mendukung kesembuhan dan menolong nyawa warga lainnya.

“Oleh karena itu, kami juga mengimbau kepada penyintas di Kabupaten Cirebon, untuk ikut mendonorkan plasmanya,” ungkap Emil.

Sementara itu, Bupati Cirebon Drs H Imron M.Ag mengatakan, terapi plasma darah memang sudah dilakukan di Rumah Sakit Waled Cirebon.

Saat ini, ada dua pasien yang sedang mendapatkan terapi tersebut.

"Untuk sementara plasmanya didapatkan dari RSPAD Gatot Subroto Jakarta," kata Imron.

Dia menuturkan, pihak juga akan berupaya untuk bisa memproduksi plasma darah sendiri, dengan menggandeng Palang Merah Indonesia Kabupaten Cirebon. Karena jika nanti Kabupaten Cirebon bisa memproduksi plasma sendiri, maka pengobatan yang diberikan kepada pasien yang terkonfirmasi covid 19, akan bisa lebih cepat lagi.

“Kita akan mengusahakan memproduksi plasma darah sendiri, dengan menggandeng PMI Kabupaten Cirebon,” tuturnya.

Ditambahkan Ketua Ikatan Dokter Indonesi (IDI) Kabupaten Cirebon, dr Fariz Malvi Zamzam Zein, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cirebon sangat mampu untuk memproduksi plasma tersebut. 

"PMI Kabupaten Cirebon, merupakan salah satu dari 15 PMI di Indonesia, yang memiliki sertifikasi untuk memproduksi plasma,"tambahnya.(CB-003)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot