Selasa, Agustus 25, 2020

Peluncuran parkir non tunai hasil kolaborasi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, Dinas Perhubungan Kota Cirebon dan didukung Bank Jabar Banten Cabang Cirebon, Selasa (25/8).

KESAMBI (CIREBON BRIBIN) - Sinergi antara Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPW BI) Cirebon bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cirebon yang didukung juga oleh Bank Jabar Banten (BJB) Kota Cirebon, lahirkan sebuah inovasi sistem parkir dengan metode pembayaran non tunai melalui QRIS atau QR Code standar Indonesia.

QRIS bukanlah aplikasi, melainkan sebuah QR Kanal Pembayaran yg dapat menerima pembayaran melalui uang elektronik server based dari berbagai aplikasi penerbit uang elektronik seperti Digicash BJB, LinkAja, Gopay, OVO, Dana, Shopee Pay bahkan mBaking yg memiliki fitur pembayaran dengan QRIS.

Jalan Pagongan, Kota Cirebon, dipilih sebagai lokasi pertama penerapan inovasi parkir non tunai tersebut melalui peluncuran yang dilakukan di Kantor Dishub Kota Cirebon pada Selasa (25/8).

Kepala Perwakilan BI Cirebon (Bakti Artanta) menyampaikan dengan adanya inovasi ini dapat memperluas alternatif pembayaran bagi masyarakat melalui aplikasi Uang Elektronik yg selama ini terbiasa membayar parkir secara tunai.

"Diharapkan juga ke depan pembayaran parkir non tunai ini bisa juga meningkatkan pendapatan daerah dengan berbagai regulasi yg bisa ditetapkan kedepan berkolaborasi antara BI dan Pemda khususnya di Kota Cirebon menuju smart city berbasis digital," ungkapnya.

Inovasi di era digital saat ini, lanjutnya, sangat dibutuhkan dalam berbagai aspek kehidupan. Sesuai dengan perkembangan zaman tentunya inovasi ini akan mempermudah proses kerja menjadi lebih efektif, efisien dan bermanfaat secara luas bagi masyarakat.

Di era pandemi Covid - 19 saat ini, inovasi yang sedang berkembang pesat adalah inovasi di bidang layanan Sistem Pembayaran sesuai dengan Blue Print Sistem Pembayaran 2025 yang mengutamakan keamanan dan kelancaran sistem pembayaran, khususnya secara non tunai melalui digitalisasi dan integrasi teknologi secara terbuka dengan berbagai pihak.

"Sehingga transaksi pembayaran secara non tunai juga dapat memitigasi penyebaran Virus Covid-19," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dishub Kota Cirebon, Yoyon Indrayana mengatakan bahwa ini adalah inovasi luar biasa yang bisa di buat khususnya di dalam transaksi penerimaan keuangan Pemda untuk mendorong digitalisasi di Kota Cirebon.

"Harapannya, semoga dengan adanya transaksi non tunai parkir di badan jalan ini kedepan bisa juga mendorong regulasi terkait penerimaan daerah.

"Khususnya parkir, agar menjadi lebih optimal dan sangat cocok untuk era new normal atau adaptasi kebiasaan baru," katanya.

Ditambahkan Kepala Cabang BJB Cirebon, Budi Jamaludin, pihaknya akan terus berkomitmen untuk terus mendukung segala bentuk upaya inovasi khususnya di bidang jasa keuangan berbasis digital sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat.(CB-003)

0 comments:

Posting Komentar