Pemkot Cirebon Akan Kebut Swab Test, Jangkauan Diperluas Hingga Pelosok - CIREBON BRIBIN

Post Top Ad

Your Ad Spot

HEADLINE

Senin, 31 Agustus 2020

Pemkot Cirebon Akan Kebut Swab Test, Jangkauan Diperluas Hingga Pelosok


Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyerahkan bantuan alat PCS portabel untuk Pemerintah Daerah Kota Cirebon. Bantuan tersebut, diterima langsung oleh Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis di Balai Kota Cirebon, Minggu (30/8).

KEJAKSAN (CIREBON BRIBIN) - Pemerintah Darah (Pemda) Kota Cirebon akan mempercepat test swab dengan alat polymerase chain reaction (PCR) setelah mendapat bantuan hibah pakai alat PCR portable dari Pemprov Jabar.

Bantuan alat tersebut juga memungkinkan test swab dilakukan hingga daerah pelosok.

“Setelah menerima bantuan alat PCR portable, kami akan langsung membuat pemetaan dan target pemeriksaan tes swab,” kata Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis SH., usai penyerahan bantuan alat PCR portable, Minggu (30/8).

Azis mengaku bersyukur mendapat bantuan hibah alat PCR portable yang merupakan inisiatif dari Gubernur Jabar, Dr. H. Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D untuk percepatan tes swab di seluruh daerah di Jabar.

“Setelah Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) diterapkan, jumlah positif Covid-19 bertambah drastis, maka diperlukan tes swab yang massif juga,” tuturnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Dr. H. Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D mengungkapkan angka positif Covid-19 saat ini terus mengalami fluktuasi maka pimpinan daerah diminta selalu siaga dan menjaga stamina agar terus bisa berjuang melawan Covid-19.

“Inovasi pengadaan alat PCR portable agar bisa mencapai target pemeriksaan yang telah ditetapkan WHO sebanyak 1 persen dari total populasi,” ujarnya.

Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil meminta agar pemeriksaan bisa dilakukan hingga pelosok sebab PCR portable bisa diangkut dengan kendaraan roda dua. 

“Khusus daerah yang memiliki kawasan industri, tes swab akan difokuskan di area industri,” tambahnya.

Pemprov Jabar telah membeli 29 alat PCR protabel dan sebanyak 27 alat dibagikan ke tiap kota kabupaten, sisanya digunakan Pemprov Jabar.

“Pemda di tiap daerah juga harus bersiap jika nanti dilakukan penyuntikan vaksin covid 19 yang saat ini sedang tahap uji coba kepada sejumlah relawan,” pungkasnya.(CB-003)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot