Senin, 06 Juli 2020

Senin, Juli 06, 2020


Ketua DPRD Kota Cirebon, Affiati menerima sejumlah perwakilan aksi penolakan RUU HIP, Senin (6/7)

KEJAKSAN (CIREBON BRIBIN) - Ratusan massa yang menamakan dirinya Forum Cirebon Bersatu, menggelar aksi unjuk rasa menolak Rancangan Undang-Undang (RUU) Haluan Ideologi Pancasil (HIP), di depan Gedung DPRD Kota Cirebon, Senin (6/7/2020).

Aksi penolakan RUU HIP tersebut diawali dengan longmarch dari kawasan Kota Tua, menuju Gedung DPRD Kota Cirebon.

Salah satu perwakilan aksi, Almarwi mengatakan, masyarakat menolak RUU HIP karena mau mengubah ideologi Pancasila.

"Padahal, Pancasila ini merupakan dasar negara di Indonesia dan tidak boleh diubah sama sekali," katanya, Senin (6/7).

Untuk itu, lanjutnya, ratusan masa aksi yang terdiri dari sejumlah ormas, LSM, OKP, komunitas, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan lainnya ini menolak tegas RUU yang tengah digodok oleh DPR RI tersebut.

"Karena bertolak belakang dengan ideologi Pancasila, kami beraksi agar RUU HIP ini tidak jadi disahkan," tegasnya, Senin (6/7/2020).

Dia menambahkan, melalui kedatangan massa aksi ke Gedung DPRD Kota Cirebon ini agar aspirasi masyarakat bisa disampaikan kepada DPR RI.

Dari pantauan cirebonbribin, Ketua DPRD Kota Cirebon, Affiati terlihat menerima sejumlah perwakilan aksi dan melakukan mediasi bersama anggota DPRD.

Usai melakukan mediasi, Ketua DPRD Kota Cirebon memimpin pernyataan sikap dari hasil mediasi tersebut yakni pernyataan sumpah akan setia kepada NKRI yang berlandaskan Pancasila dan UUD 45. Pernyataan sumpah akan menjaga kesatuan dan persatuan bangsa di NKRI demi masyarakat adil dan makmur. Dan terakhir pernyataan sumpah akan menjaga NKRI dari paham komunisme liberisme, menimisme, dan sekulerisme.

Setelah pembacaan sikap bersama, massa aksi terlihat membubarkan diri dengan tertib.(CB-003)