Senin, April 20, 2020

Komandan Detasemen Kesehatan Wilayah (Denkesyah) 03.04.03 Cirebon, Letkol Ckm dr Wildan Sani SpU, menjelaskan untuk kehati-hatian, sebanyak 21 tenaga kesehatan RST Ciremai melakukan isolasi mandiri. Namun masyarakat tidak perlu khawatir. Foto : DKIS Kota Cirebon

KESAMBI (CIREBON BRIBIN) - Komandan Detasemen Kesehatan Wilayah (Denkesyah) 03.04.03 Cirebon, Letkol Ckm dr Wildan Sani SpU, membenarkan adanya tenaga kesehatan di RST Ciremai yang saat ini tengah melakukan isolasi mandiri. Namun Wildan membantah adanya satu dokter spesialis mereka yang meninggal dunia.

“Sebanyak 21 tenaga kesehatan RST Ciremai harus menjalani isolasi mandiri,” ungkap Wildan, Senin, 20 April 2020.

Dijelaskan Wildan, isolasi mandiri yang harus dilakukan puluhan tenaga kesehatan di RST Ciremai berawal dari datangnya pasien atas nama Tuan M ke RST Ciremai pada Selasa, 14 April 2020 pukul 09.00 WIB.

“Kondisi tuan M mengalami penurunan kesadaran,” ungkap Wildan. 

Pihak rumah sakit, lanjut Wildan tetap berupaya mencari tahu apakah pasien pernah masuk ke daerah endemis atau melakukan kontak langsung dengan pasien yang terpapar Covid-19.

“Namun sayangnya mereka kurang terbuka,” ungkap Wildan.

Setelah dilakukan rapid tes, tuan M negatif. Pasien akhirnya dirawat di ICU namun perawat yang bertugas di IGD RST Ciremai tetap melakukan prosedur sesuai dengan protokol penanganan Covid-19 dari Kemenkes.

“Tenaga kesehatan kami menggunakan APD level 2,” ungkap Wildan. 

Setelah kondisi tuan M memburuk pada dini hari, pihak keluarga baru memberitahu jika tuan M memang pernah melakukan kontak langsung dengan anggota keluarganya yaitu tuan H dan Ny X yang berstatus PDP dan telah meninggal dunia beberapa waktu lalu. Namun keduanya tidak sempat dilakukan tes swab karena tidak lama setelah masuk ke rumah sakit kemudian meninggal.

“Begitu juga dengan tuan M, masuk pukul 09.00 WIB meninggal pukul 00.15, “ ungkap Wildan. 

Untuk kehati-hatian, sebanyak 21 tenaga kesehatan yang berada di ruang ICU langsung melakukan isolasi mandiri.

“Ini bentuk kehati-hatian kami. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir” ungkap Wildan. Saat ini sebanyak 21 tenaga perawat tersebut dalam kondisi sehat dan akan segera dilakukan rapid tes terhadap mereka.

“Seluruh area yang telah dilalui pasien di RST Ciremai juga telah dilakukan disinfektan,” pungkasnya.

Sementara itu Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati, juga meminta kepada masyarakat untuk tidak langsung mempercayai berita maupun informasi yang tidak jelas kebenarannya.

“Carilah dari sumber terpercaya. Alhamdulilah hari ini kesimpangsiuran informasi sudah dipaparkan secara jelas dan gamblang,” ungkap Eti.

Pemda Kota Cirebon, melalui DKIS akan selalu berupaya memberikan informasi yang jelas kepada masyarakat di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.(CB-003)

0 comments:

Posting Komentar