Grab Berkolaborasi Dengan Kodim 0614 Kota Cirebon Perkuat Langkah Untuk Mencegah Penyebaran Covid-19 Melalui Gerakan #KitaVSCorona - CIREBON BRIBIN

Post Top Ad

Your Ad Spot

HEADLINE

Kamis, 26 Maret 2020

Grab Berkolaborasi Dengan Kodim 0614 Kota Cirebon Perkuat Langkah Untuk Mencegah Penyebaran Covid-19 Melalui Gerakan #KitaVSCorona


Kolaborasi Grab dan Kodim 0614 Kota Cirebon dalam rangka mencegah penyebaran covid-19 di Kota Cirebon. Foto : Grab Cirebon

KESAMBI (CIREBON BRIBIN) - Pada tanggal 16 Maret 2020 Presiden Jokowi telah menginstruksikan kepada masyarakat Indonesia untuk bekerja, belajar dan beribadah di rumah. Untuk memerangi pandemik covid-19 dibutuhkan kolaborasi seluruh dunia, sedangkan bagi para lini terdepan Grab Indonesia dibutuhkan keberanian untuk bergabung dalam gerakan #KitaVSCorona yang diluncurkan di berbagai kota di seluruh Indonesia termasuk diantaranya wilayah Cirebon dan sekitarnya.

Di Cirebon, Grab bekerjasama dengan Komando Distrik Militer (Kodim) 0614 Kota Cirebon, Grab membagikan ribuan masker kepada mitra pengemudi di beberapa titik kumpul mitra (basecamp) komunitas di kota Cirebon, di antaranya Drajat, Kesambi Dalam dan Kasepuhan Cirebon. Pembagian masker ini akan dilakukan beberapa tahap dan untuk tahap pertama diprioritaskan terlebih dahulu bagi mitra pengemudi yang masih tetap bekerja untuk melayani masyarakat.

“Grab sangat mengapresiasi para mitra pengemudi, pengantaran dan juga merchant Grab, karena mereka telah menjadi pahlawan yang membantu keseharian kita, yang terus melayani masyarakat Cirebon khususnya saat situasi pandemik ini. Oleh karena itu untuk menunjang tugas mulia mereka. Kami menempatkan berbagai upaya pencegahan tambahan serta paket dukungan untuk melindungi kesehatan, kesejahteraan dan keberlangsungan hidup mereka” jelas Mawaddi Lubby, Partner Engagement Strategy Lead, Jawa Barat, Grab Indonesia.

Menurut Lubby, dasar pemilihan lokasi dimaksud merupakan hasil pertimbangan strategis mengingat mitra pengemudi merupakan garda terdepan dalam melayani masyarakat Cirebon saat masa pandemi ini, dimana pemilihan lokasi dimaksud juga telah dikoordinasikan dengan Kodim 0614 Kota Cirebon.

Inisiatif diatas dijelaskan Lubby melengkapi berbagai inisiatif #KitaVSCorona yang telah diluncurkan secara nasional diantaranya pertama, fitur pemesanan tanpa kontak untuk layanan GrabFood dan GrabExpress sebagai langkah perlindungan bagi pelanggan dan mitra pengantaran.

Pembagian masker gratis kepada mitra Grab di Kota Cirebon. Foto : Grab Cirebon

Untuk pemesanan tanpa kontak bagi pelanggan dan mitra pengemudi, pelanggan GrabFood dan GrabExpress dapat mengikuti panduan pemesanan tanpa kontak yang tersedia dalam aplikasi atau dengan mengikuti tiga langkah mudah.

Yakni menginformasikan mitra pengantaran untuk meletakkan pesanan di luar pintu atau lokasi tertentu seperti resepsionis gedung jika diizinkan oleh manajemen gedung yang bersangkutan.

Mitra pengantaran akan memberitahu pelanggan saat mereka telah tiba di lokasi pengantaran, meletakkan pesanan di tempat yang telah ditentukan dan menunggu pelanggan untuk mengambil pesanan dimana mereka akan berdiri setidaknya 2 meter dari pesanan tersebut.

"Kami sangat menyarankan pelanggan untuk memilih pembayaran non-tunai. Jika penggunaan uang tunai tidak dapat dihindari, pelanggan dapat meletakkan uang tersebut di dalam amplop dan menaruhnya di tempat pesanan yang telah ditentukan sebelumnya.

Kedua, Grab juga aktif memberikan edukasi pencegahan covid-19 bagi mitra merchant GrabFood seperti tentang pentingnya kebersihan makanan dan menyusun pedoman baru kepada para mitra merchant untuk mendorong penggunaan jaring rambut, masker bedah dan sarung tangan ketika menyiapkan hidangan, serta mencuci tangan secara teratur selama 20 detik dan melakukan penyemprotan desinfektan ke area kerja mereka secara teratur sebelum dan sesudah mempersiapkan makanan.

Mitra pengantaran juga dihimbau untuk mencuci tangan mereka secara teratur, membersihkan tas GrabFood mereka secara berkala dengan cairan desinfektan, dan menerapkan metode pengantaran tanpa kontak setiap waktu.

"Mitra Pengemudi dan pengiriman adalah tulang punggung platform kami. Kami juga telah mempersiapkan paket GrabCare untuk memberikan bantuan keuangan dan medis kepada mitra pengemudi Grab jika diantara mereka ditempatkan pada karantina yang dimandatkan otoritas kesehatan publik/pemerintah, atau telah dites positif terhadap covid-19," katanya.

Ketiga, Grab membantu menghubungkan masyarakat dan bisnis dengan GrabExpress. Dengan semakin banyaknya bisnis yang mengimplementasikan kebijakan untuk bekerja dari rumah, dan semakin banyak masyarakat Indonesia yang berdiam di rumah, kami memperluas jaringan GrabExpress kami melalui kerja sama dengan Ninja Xpress.

Pelanggan dapat menggunakan layanan pengiriman on-demand Ninja Xpress di aplikasi Grab dengan jangkauan pengiriman dari Jabodetabek menuju Bali, Sumatra, Kalimantan, Maluku, Nusa Tenggara, Sulawesi dan Papua dengan tarif yang terjangkau.

Menurut Lubby, Grab juga akan terus berupaya untuk terus mengadakan program pencegahan dan menjangkau lebih banyak lapisan masyarakat agar resiko penularan dapat semakin diminimalisir, setidaknya hingga situasi pandemi ini mereda.

“Dalam situasi serba tak pasti ini, sebagai aplikasi serba bisa di Indonesia, Grab memiliki kewajiban untuk memastikan seluruh lini layanan berjalan dengan resiko yang lebih minim bagi seluruh pelanggan maupun lini mitra yang kami layani dan dukung dalam platform Grab” tuturnya.

Sementara itu, terkait kerjasama dengan Grab, Dandim 0614 Kota Cirebon, Letkol Inf. Herry Indriyanto mengatakan, pihaknya sangat mendukung hal tersebut sebagai langkah nyata untuk memerangi virus Corona yang kini cukup mengkhawatirkan.

"Apalagi di masa pandemi seperti sekarang masyarakat cukup sulit mendapatkan masker, khususnya di Cirebon” ujar Dandim 0614 Kota Cirebon, Letkol Inf. Herry Indriyanto.

Dia berharap agar program ini dapat berlangsung secara rutin di kota Cirebon hingga situasi membaik.

“Semoga inisiatif baik seperti ini dapat terus dijalankan dan semoga dapat meminimalisir angka penularan di kota Cirebon” harapnya.(CB-003)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot