Rabu, Maret 04, 2020

Pertamina Marketing Operation Region (MOR) III menggelar pelatihan simulasi lokasi kerja aman (Safe Work Practice). Foto : Dok. Pertemina Mor III

KESAMBI (CIREBON BRIBIN) -  Sebanyak 40 karyawan Pertamina di bidang operasi dan peremajaan mendapatkan pelatihan Simulasi Lokasi Kerja Aman (Safe Work Practice) yang digelar Pertamina Marketing Operation Region (MOR) III.

Kegiatan pelatihan ini terdiri dari teori dan praktik yang dilakukan selama 3 hari.

"Ada praktek keselamatan di perairan, bekerja pada ketinggian, paparan radiasi, isolasi energi, serta scaffolding and lifting operation," jelas Unit Manager Communication & CSR MOR III, Dewi Sri Utami hari ini, Rabu (4/3).

Dia mengatakan, kegiatan ini sudah berjalan rutin sejak tahun 2017 dengan bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan kita pada kondisi berisiko.

"Pelatihan ini melibatkan pekerja baik di lingkup Health Safety Security and Environment (HSSE) serta dari bagian lain dengan harapan agar keselamatan dan keamanan kerja bisa menjadi budaya di seluruh aspek pekerjaan,” kata Dewi.

Dalam pelatihan ini, peserta juga diberi pembekalan berupa teori dan SOP, supaya memahami dan dapat melakukan sesuai prosedur yang berlaku di Pertamina dan best practice perusahaan migas dunia.

Simulasi Kerja Aman ini dilakukan sebagai bentuk implementasi pedoman 12 Corporate Life Saving Rules sebagai semangat HSSE yang berada dalam setiap aspek pekerjaan.

"Pertamina berkomitmen dalam menjunjung perilaku dan budaya HSSE yang manfaatnya akan dirasakan bagi diri sendiri, bagi keluarga, dan masyarakat di sekitar kita," tambah Dewi.

Semantara itu, Zakiudin salah satu peserta dari Fuel Terminal Tanjung Gerem, Banten menambahkan, dirinya merasa pelatinan semacam ini akan sangat membantu dalam pekerjaannya.

Khususnya bagi yang belum pernah mengikuti upskilling sea survival sebelumnya seperti dirinya.

"Sebagai pekerja operasi, khususnya Loading Master yang lingkup kerjanya di dermaga/laut, pelatihan ini sangat saya butuhkan sebagai dasar survival diri sendiri maupun menyelamatkan rekan kerja/pihak lain yang membutuhkan pertolongan di laut atau pada saat keadaan darurat," tambahnya.(CB-003)

0 comments:

Posting Komentar