TPQ-MDTA Al-Qonaah Membuka Program Sekolah Gratis - CIREBON BRIBIN

Post Top Ad

Your Ad Spot

HEADLINE

Kamis, 06 Februari 2020

TPQ-MDTA Al-Qonaah Membuka Program Sekolah Gratis

Para siswa TPQ MDTA Al-Qonaah

CIREBON-- TPQ MDTA Al-Qonaah membuka sekolah gratis yang diprioritaskan untuk anak-anak yatim piatu dan dhuafa. Lembaga pendidikan ini secara Formal berada dibawah naungan Departemen Agama dan pembukaan pendaftarannya mengikuti tahun ajaran baru kurikulum negara.

Taman Pendidikan Qur’an dan Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al-Qonaah mempunyai program unggulan yakni Tahfidz Al Qur’an.

Program ini diikuti olehi murid-murid Al Qonaah selama masih aktif menjadi Siswa. Jenjang programTahfidz mengikuti dari jenjang kelas yakni 2 tahun untuk Tahfidz jenjang Pendidikan TPQ dan 4 tahun untuk Tahfidz jenjang pendidikan DTA.

Tahfidz tersebut bermacam-macam mulai dari Hafalan Asmaul Husna, Hadist hingga Hafalan Al Qur’an. Tahfidz Al Qur’an sendiri dimulai dari Ayat Kursi, surat yasin, juz ‘amma hingga meningkat ke beberapa juz lainnya.

Afifah selaku Kepala Sekolah MDTA al-Qonaah mengatakan MDTA al-Qonaah pertama kali dibuka pada tahun 2015 hanya memiliki 75 murid, dan sekarang sudah 250 murid.

 “Program Tahfidz ini dibatasi hanya 250 murid karena keterbatasan pengajar dan ruang kelas,” katanya.
Afifah menuturkan MDTA Al-Qonaah diprioritaskan untuk anak yatim dan anak dari keluarga yang kurang mampu.
"Lembaga pendidikan ini berdiri pada tahun 2015, hingga saat ini masih terus berjalan, " tuturnya.

Afifah pun menjelaskan jika Secara Formal lembaga pendidikan ini mengikuti kurikulum dan panduan resmi pembelajaran sesuai mata pelajaran yang biasa diujikan oleh Departemen Agama Kabupaten Cirebon dan panduan pembelajaran dari buku-buku yang berkualitas.

“lembaga pendidikan ini mempunyai nilai plus karena ada banyak program tambahan salah satunya program Tahfidz yang diharapkan setelah murid keluar dari Madrasah mempunyai bekal yang cukup ketika akan memasuki jenjang pendidikan SMP/ Mts,” ungkap afifah.

Berlokasi di Desa Astapada Kecamatan Tengahtani Kabupaten Cirebon Taman Pendidikan Qur’an dan Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al-Qonaah cukup berkembang pesat padahal lokasinya yang jauh dari akses jalan utama, namun dedikasi Yayasan beserta Dewan Guru mempertimbangkan bahwa Lembaga pendidikan ini di prioritaskan untuk anak yatim, piatu, yatim piatu, bahkan anak yang kurang mampu dari segi ekonomi.


Dengan Luas tanah 2850M2 dan luas bangunan 370 M2 untuk  bangunan 2 lantai dengan fasilitas 4 Ruang kelas, 2 WC, 2 Gudang, 1 Ruang Kantor dan 1 WC guru disertai Masjid yang berdiri kokoh diatas tanah tersebut diharapkan mampu menunjang proses belajar mengajar murid agar mampu melahirkan anak-anak penghafal Al Qur’an. (Kholidah/magang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot